Advertisements

Bypass: solusi pembayaran yang digunakan di stadion olahraga dan tempat hiburan, untuk membeli camilan dan minuman

bypass-appPenonton olahraga yang sedang asyik menonton pertandingan bola seringkali tidak mau beranjak dari tempat duduk mereka untuk pergi membeli camilan dan minuman di salah satu depot di dalam stadion olahraga. Demikian pula pada saat puncak permainan, walaupun camilan dan minuman diantar oleh pedagang asongan kedepan penonton, mereka masih harus merogoh saku untuk mengambil dompet dan mencari uang kontan. Sekarang sudah hadir sebuah solusi pembayaran yang memberikan kemudahan dalam hal penagihan pembayaran yang dikenal dengan Bypass. Sistem ini dapat memanjakan penonton di stadion olahraga dan tempat hiburan karena mereka cukup dengan menyentuh layar ponsel untuk memesan camilan dan minuman yang mereka suka sekaligus membayar.

Bypass menyediakan solusi dengan mengandalkan inovasi teknologi yang dicapai melalui perangkat lunak berbasis di cloud (awan). Dengan teknologi ini maka pemilik stadion dan pedagang tidak perlu menanam modal besar di perangkat keras (misalnya, komputer server dan peralatan kasir register). Bypass memasangkan perangkat lunak di komputer tablet atau ponsel pintar yang berfungsi sebagai alat penerima pembayaran. Karena berbasis cloud, maka sistem yang disediakan oleh Bypass mampu menangani kapasitas stadion olahraga ukuran besar (di atas 20.000 penonton). Sistem ini juga dapat terus berfungsi untuk menyerap transaksi dalam jumlah besar. Keunggulan Bypass terletak dalam segi mempercepat transaksi karena pedagang asongan lebih mudah menjual kepada penonton dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan, yang mana akan menambah laba bagi pemilik stadion.

Layanan Bypass digunakan oleh beberapa perkumpulan olahraga termasuk dari NFL (sepakbola ala Amerika), NBA (basketball), NHL (es hockey), MLS (sepakbola ), dan NCAA (ikatan olahraga perguruan tinggi). Layanan Bypass sudah dipakai di dua stadion olahraga basketball terkemuka yaitu di klub basketball Nuggets di stadion Pepsi Center di kota Denver (Colorado) dan di klub basketball Nets di stadion Barclays Center di kota Brooklyn dekat New York City. Selama masa uji coba, layanan di stadion Pepsi Center lebih condong untuk melayani 3.000 penonton dan tamu yang duduk di kursi kelas mahal.

Bypass didirikan pada bulan Juli 2010 di kota Austin, Texas. Minggu ini mengumumkan bahwa perusahaan startup ini sudah menerima pendanaan sejumlah $3,5 juta dollar yang dipimpin oleh eBay dan AEG. eBay memiliki situs web yang menjual tiket catutan yang dikenal dengan StubHub, sedangkan AEG adalah pemilik klub olahraga dan stadion olahraga seperti Staples Center (Los Angeles). Sebelumnya startup ini sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $1,75 juta dollar dari beberapa pemilik klub dan kelompok investor menjelang akhir tahun 2011.

bypass-mobile-app-homepage-screenshot

(Images: top right, Bypass mobile app; bottom; Bypass homepage screenshot)

Advertisements

Comments

  1. alamat_kunn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s