Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar di Amerika untuk bulan Februari 2013: Google Android 51,7 persen, Apple iOS 38,9 persen

Lebih dari 133 juta orang di Amerika memiliki ponsel pintar (smartphone) pada akhir bulan Februari 2013, dibandingkan 123 juta orang pada bulan November 2012, atau terjadi peningkatan sebanyak 10 juta orang. Data terbaru ini berdasarkan laporan bulanan yang di publikasikan oleh comScore, sebuah perusahaan terkemuka penyedia pengukuran perilaku konsumen secara global. Data yang dikumpulkan sampai akhir bulan Februari mencatat penetrasi pasar ponsel pintar di Amerika sudah melampaui 57 persen, dibandingkan tiga bulan sebelumnya pada bulan November, penetrasi pasar ponsel pintar baru mencapai 53 persen.

Smartphone-market-share-November-2012-February-2013-USAWalaupun masih berada di peringkat puncak dan menguasai pangsa pasar di Amerika, sistem operasi Google Android mengalami penurunan sebanyak 2 persen dan mencapai 51,7 persen pangsa pasar pada akhir bulan Februari 2013, dibandingkan dengan 53,7 persen pangsa pasar pada akhir bulan November 2012.

Sejak iPhone seri 5 diluncurkan pada minggu ketiga bulan September 2012, pangsa pasar perusahaan gadget terbesar di Silicon Valley, Apple, semakin meningkat di Amerika. Apple iOS meraih 38,9 persen pangsa pasar pada akhir bulan Februari, dibandingkan hanya 35,0 persen pangsa pasar pada akhir bulan November 2012, atau peningkatan sebanyak 3,9 persen.

Boleh dibilang Android dan iOS meraup 91 persen pangsa pasar ponsel pintar di Amerika dan sisanya sekitar 9 persen diperebutkan oleh RIM BlackBerry, Microsoft Windows Phone, dan Nokia Symbian. BlackBerry masih bertahan di posisi nomor tiga dengan 5,4 persen pangsa pasar pada akhir bulan Februari, dibandingkan dengan 7,3 persen pangsa pasar pada akhir bulan November 2012 (turun 1,9 persen).

Posisi nomor empat diambil oleh sistem operasi yang diciptakan raksasa perangkat lunak Microsoft. Windows Phone meningkat sedikit dan meraih 3,2 persen pangsa pasar pada akhir bulan Februari, dibandingkan dengan 3,0 persen pangsa pasar pada akhir bulan November 2012 (naik 0,2 persen). Sementara Symbian tidak mengalami perubahan dan bertahan dengan 0,5 persen pangsa pasar.

(Image: middle right, comScore Top Smartphone Platforms)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] bulan Maret, dibandingkan dengan 2,9 persen pangsa pada bulan Desember. Kalau dibandingkan dengan bulan Februari, maka Windows Phone mengalami penurunan sedikit, dimana sistem operasi ini mencapai 3,2 persen […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s