Advertisements

Credit Karma: memungkinkan konsumen untuk mengakses laporan skor kredit dan profil keuangan secara gratis

CreditKarma-logoLembaga keuangan yang akan memberikan pinjaman kepada konsumen akan menggunakan laporan skor kredit sebagai salah satu komponen yang paling penting untuk menentukan kesehatan keuangan peminjam. Akan tetapi untuk mengakses skor kredit, konsumen seringkali diliciki dengan berbagai persyaratan dan menanggung biaya berlangganan.

Credit Karma percaya konsumen memiliki hak yang mendasar untuk bisa mengakses laporan skor kredit dan profil keuangan kapan saja ketika mereka inginkan. Tidak tanggung-tanggung, untuk mencapai misi perusahaan startup ini, Credit Karma menyediakan layanan akses skor kredit secara gratis. Credit Karma juga menyediakan berbagai alat dan konten untuk mendidik konsumen supaya lebih memahami cara kerja laporan skor kredit dan profil keuangan. Dengan wawasan data mengenai kesehatan keuangan konsumen, Credit Karma percaya bahwa konsumen akan lebih aktif melacak, mengelola, mempertahankan, dan memperbaiki skor kredit mereka.

CreditKarma-homepageSejak layanan pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, Credit Karma telah menyediakan layanan akses skor kredit secara gratis kepada lebih dari 20 juta konsumen di Amerika. Perusahaan startup ini mengalami pertumbuhan paling pesat dalam waktu 12 bulan terakhir ini.

Credit Karma mengharuskan pengguna untuk memberikan nomor Social Security (nomor Jaminan Sosial) ketika membuka akun. Karena syarat ini, boleh dibilang layanan ini hanya tersedia bagi konsumen di Amerika saja saat ini. Untuk menjaga privasi pengguna, Credit Karma tidak akan menyimpan informasi skor kredit dari pengguna. Demikian pula, Credit Karma berusaha menjaga informasi pengguna serapi mungkin dan belum ada rencana menjalin kemitraan dengan pihak lain untuk berbagi atau menjual informasi.

Credit Karma didirikan pada bulan Juni 2007 di kota San Francisco, California. Minggu ini mengumumkan putaran pendanaan sejumlah $85 juta dollar yang dipimpin oleh Google Capital dan Tiger Global. Investor yang memberikan modal pada putaran awal seperti Ribbit Capital dan Susquehanna Growth Equity, juga ikut menambah dana investasi pada putaran ini. Sejak didirikan, startup ini sudah mengumpulkan dana sekitar $118,5 juta dollar. Dana segar akan dipakai untuk menambah karyawan, mengembangkan inovasi produk dan memperluas pasar.

(Images: top right, Credit Karma logo; middle left, Credit Karma homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s