Pangsa pasar ponsel pintar, bulan Desember 2015 di Amerika: platform Android 53.3 persen, Apple iOS 42.9 persen

Ketika Apple pertama kali memamerkan inovasi teknologi 3D Touch layar sentuh dan Live Photos untuk iPhone 6S dan 6S Plus pada bulan September 2015, banyak pengamat memperkirakan bahwa perusahaan yang dipimpin oleh CEO Tim Cook ini mempunyai peluang untuk mengambil alih kedudukan Android sebagai platform ponsel pintar di Amerika. Namun, kenyataannya system operasi buatan Google semakin menguasai pasar ponsel pintar di seluruh dunia.

Perusahaan riset terkemuka comScore mempublikasikan data terbaru minggu ini dan menyatakan bahwa ada 197,4 juta orang di Amerika sudah memiliki telepon genggam jenis smartphone pada akhir bulan Desember 2015. Data comScore menunjukkan bahwa tingkat penetrasi ponsel pintar mencapai 79,3 persen dari seluruh penduduk di Amerika.

top-smartphone-platforms-desember-2015-comscore

Android meraih 53,3 persen pangsa pasar pada akhir bulan Desember dan tetap nomor satu di negara adidaya ini. Kalau dibandingkan pada akhir bulan September, Android mencapai 52,3 persen, atau naik 1,0 poin dalam kurun waktu tiga bulan menjelang akhir tahun 2015.

Apple meluncurkan inovasi fitur-fitur canggih dengan warna terbaru (seperti, rose gold alias “pink” atau “merah emas”) pada bulan September, tapi belum berhasil mengambil pangsa pasar dari saingan utamanya di Silicon Valley. iOS tetap berada di posisi nomor dua dan mencapai 42,9 persen pada bulan Desember. Kalau dibandingkan pada akhir bulan September, iOS sudah mencapai 43,6 persen, atau turun 0,7 poin selama tiga bulan menyongsong Tahun Baru 2016.

Gabungan Android dan iOS berhasil merebut 96,2 persen pangsa pada bulan Desember 2015. Sisanya 3,8 persen, diperebutkan oleh Microsoft Windows Phone dan BlackBerry. Windows Phone masih di posisi nomor tiga dan hanya mampu bertahan dengan 2,9 persen. Sedangkan pelopor ponsel pintar berbasis di Kanada, BlackBerry jatuh ke posisi nomor empat dengan 0,9 persen. System operasi yang dipopulerkan oleh Nokia, Symbian sudah tidak masuk hitungan lagi di Amerika.

(Image: middle center, Top Smartphone Platforms, comScore Desember 2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s