Advertisements

Jet: pasar e-commerce mengandalkan inovasi harga untuk produk pilihan dan keanggotaan klub pelanggan

Banyak perusahaan ritel tradisional memanfaatkan bisnis model keanggotaan klub pelanggan. Kelemahaan bisnis model ini termasuk menanggung biaya sewa gedung dan penyimpanan, sehingga perusahaan ritel tradisional harus menaikkan harga produk.

Pada umumnya, keanggotaan klub pelanggan seperti Sam Club dan Costco biasanya membuka toko di daerah terpencil dan jauh dari pusat kota. Sayangnya karena terbatas dengan luas gedung dan lahan, tidak semua ritel mampu menjual produk beragam.

Jet.com berfokus menyediakan pasar e-commerce untuk memudahkan anggota belanja online. Bisnis model ini masih mencontoh ritel tradisional yang mengandalkan keanggotaan klub pelanggan. Keunggulannya terletak pada penggunaan inovasi harga untuk menekan biaya operasi. Selain itu, lebih banyak produk dapat dipajang online. Jet seolah-olah seperti gabungan antara Costco dan Amazon.

Jet-homepage

Untuk mengoptimalkan penghematan bagi konsumen secara massal, Jet menjalin kemitraan dengan berbagai distributor dan pabrik. Keuntungannya, Jet dapat menjual dengan harga pokok, karena tanpa harus menambah biaya sewa gedung dan karyawan penjaga toko.

Startup ini berbasis di kota Hoboken, di negara bagian New Jersey, tidak jauh dari New York. Situs web Jet.com masih dalam taraf uji-coba dan belum diluncurkan. Hebatnya, minggu ini menerima pendanaan sejumlah $140 juta dollar dari beberapa investor ventura, termasuk Bain Capital Ventures, Accel Partners, Coatue, General Catalyst, Goldman Sachs, Google Ventures, MentorTech Ventures, NEA, Norwest Venture Partners, Silicon Valley Bank, Temasek, Thrive Capital dan beberapa investor lainnya. Sebelumnya pada bulan Juli dan September 2014 sudah menerima modal kerja sejumlah $80 juta dollar. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal sejumlah $220 juta dollar.

(Image: middle, Jet.com homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] kompetitif dan bersaing ketat dengan Amazon, Walmart, dan beberapa pendatang baru seperti Boxed, Jet, dan lainnya. Saingan utama Target saat ini adalah Amazon, dimana sebelumnya kedua perusahaan ini […]

  2. […] pembeli dengan pedagang, yang mana inovasi konsep ini hampir mirip dengan perusahaan startup Jet.com yang akan segera diluncurkan dalam waktu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s