Advertisements

Satu diantara tiga orang Amerika memiliki komputer tablet, jumlah pengguna berlipat ganda dari satu tahun yang lalu

Akhir bulan Mei 2013 perusahaan riset teknologi terkemuka International Data Corporation (IDC) mengatakan bahwa penjualan komputer tablet di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 229,3 juta unit sampai akhir tahun 2013, dimana penjualan tablet akan mengalamai pertumbuhan sebesar 58,7 persen dari tahun 2012. Yang dimaksud dengan komputer tablet termasuk Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, Google Nexus 7, Microsoft Surface, BlackBerry Playbook, atau Kindle Fire. Hebatnya pengiriman komputer tablet akan melampaui pengiriman komputer portabel (laptop dan notebook) untuk pertama kalinya dalam sejarah pencatatan pengiriman peralatan dan perangkat high-tech.

Bahkan data terbaru dari Pew Internet juga menunjang temuan IDC dan menunjukkan bahwa tren penggunaan tablet semakin meroket di Amerika. Badan riset terkemuka ini melaporkan bahwa 34 persen orang Amerika sudah memiliki tablet pada bulan Mei 2013 (atau, dengan rasio satu di antara tiga orang), dibandingkan dengan 18 persen pada bulan April 2012. Boleh dibilang jumlah pengguna tablet berlipat ganda dalam waktu hanya satu tahun. Kalau dibandingkan dengan bulan Mei 2010, jumlah pengguna tablet hanya tiga persen dari semua orang dewasa umur 18 tahun ke atas.

Pew-Tablet-ownership-over-time-2010-2013

Dari segi demografi di Amerika, penggunaan ponsel pintar (smartphone) lebih populer di kalangan anak baru gede (ABG), remaja, dewasa muda, sedangkan Pew melaporkan bahwa kepemilikan tablet lebih cenderung ditemukan pada usia 35 tahun sampai 44 tahun, dimana 49% dari kelompok pengguna usia menengah ini sudah memiliki tablet. Malah pengguna dari kelompok rumah tangga yang berpendapatan paling sedikit atau lebih dari $75.000 dollar per tahun ditemukan 56% sudah memiliki komputer tablet sendiri. Sedangkan kelompok rumah tangga dengan orang tua dan anak-anak termasuk memiliki pertumbuhan terbesar dalam hal penggunaan tablet, dimana jumlah pengguna tumbuh dari 26 persen pada tahun 2012 menjadi 50 persen pada 2013. Pemilik tablet kebanyakan lulusan sarjana S-1 dengan proporsi mencapai 49% dari semua pengguna tablet.

Laporan terbaru dari Pew menggunakan metode survei dan wawancara atas 2.252 orang dewasa umur minimal 18 tahun yang dilakukan pada tanggal 17 April sampai 19 Mei, 2013.

(Image: middle, chart showing Tablet Ownership, from 2010 to 2013, by Pew Internet)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s