Advertisements

Volume pengiriman komputer pribadi (PC) mengalami penurunan sebesar 3,7 persen pada tahun 2012, IDC menyatakan bahwa untuk pertama kalinya pengiriman ke negara berkembang terjadi penurunan sebesar 1,4 persen

IDC-Logo-wikipediaPengiriman komputer pribadi (PC) untuk model desktop dan laptop secara global sedang menghadapi pasar yang sangat kompetitif. Pengiriman ke negara-negara yang sudah maju, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, Jepang, dan Kanada, terjadi penurunan volume pengiriman selama tiga tahun berturut-turut, termasuk yang akan terjadi pada tahun 2013 ini. Sedangkan pengiriman ke negara-negara berkembang, seperti di kawasan Asia Pasifik, Amerika Latin, Afrika dan Timur Tengah, juga mengalami kemerosotan sepanjang tahun 2012 lalu.

Menurut laporan dari International Data Corporation (IDC) yang dipublikasikan hari ini, volume pengiriman PC secara global mengalami penurunan sebesar 3,7 persen pada tahun 2012. Sedangkan IDC memperkirakan pengiriman PC secara global akan menurun sebesar 1,3 persen pada tahun 2013. Pengiriman ke negara-negara yang sudah maju terjadi penurunan sebesar 6,9 persen pada tahun 2012, dan diperkirakan akan merosot sebesar 4,0 persen pada tahun 2013. Pengiriman ke negara-negara berkembang terjadi penurunan sebesar 1,4 persen pada tahun 2012, tetapi sebaliknya diproyeksikan akan terjadi kenaikan sebesar 0,6 persen pada tahun 2013.

PC-Shipment-Region-Form-Factor-2012-2017-IDCDalam hitungan unit desktop dan laptop yang dikirim ke seluruh dunia, pengiriman mencapai 350,4 juta unit pada tahun 2012. Pengiriman PC akan mencapai 345,8 juta unit pada tahun 2013. Pengiriman PC ke negara-negara yang sudah maju mencapai 144,5 juta unit pada tahun 2012, dan diperkirakan akan turun menjadi 138,7 juta unit pada tahun 2013. Pengiriman PC ke negara-negara berkembang mencapai 205,9 juta unit pada tahun 2012, dan diperkirakan akan terjadi sedikit kenaikan dan mencapai 207,1 juta unit pada tahun 2013.

Dunia PC menghadapi banyak goncangan yang diakibatkan oleh munculnya berbagai perangkat mobile jenis tablet yang dibuat oleh raksasa gadget seperti Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab. Untuk menandinginya, raksasa perangkat lunak Microsoft mencoba menyelamatkan dunia PC dengan meluncurkan sistem operasi terbaru yang dinamakan Windows 8 pada akhir bulan Oktober 2012 lalu. Windows 8 OS dapat digunakan untuk layar sentuh dan untuk layar model lama yang memakai mouse.

Sebagai negara pembeli PC terbesar di dunia, sejak Windows 8 diluncurkan ternyata pasar di Amerika terus menghadapi persaingan ketat dari sistem operasi iOS dan Android, terutama menjelang musim belanja terbesar pada akhir tahun 2012 lalu. Perangkat laptop dan desktop yang dijalankan Windows 8 masih sangat mahal di pasar untuk dapat diraih oleh pembeli di Amerika. Pada saat yang sama, Amerika sedang menghadapi berbagai kendala ekonomi secara nasional, termasuk masalah perbaikan neraca keuangan negara yang dikenal dengan istilah “fiscal cliff.” Sampai akhir kuartal pertama (bulan Maret) tahun 2013 ini, keadaan pasar PC masih lesu akibat kesulitan ekonomi yang masih menghantam konsumen di Amerika. Faktor-faktor penyebab termasuk kenaikan pajak pendapatan bagi pekerja (sekitar 5 persen) sejak 1 Januari 2013 dan ketidak stabilan harga bahan bakar minyak (bensin).

(Images: top, IDC logo; middle right, table by IDC, “PC Shipment by Region and Form Factor, 2012-2017”)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s