Advertisements

Imo: layanan pesan untuk cross-platform, memungkinkan berkomunikasi dengan teman dan keluarga didalam satu tempat

imo-app-logoHampir semua portal Internet menawarkan layanan pesan atau “instant messaging” (IM) yang dapat diakses melalui desktop dan ponsel, termasuk Windows Live/Skype, Yahoo, Google Talk, Facebook, AIM, ICQ, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan pengguna IM kewalahan untuk mengingat beberapa akun sebelum login. Untuk mengatasi masalah ini, sekarang sudah hadir layanan pesan yang dikenal dengan nama Imo.im.

Perusahaan startup ini menawarkan platform untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga didalam satu tempat. Keunggulan Imo.im dapat menyelenggarakan layanan pesan untuk cross-platform dan dapat diakses melalui web, iPhone, iPad, dan Android. Imo.im menjembatani semua kegiatan sosial supaya pengguna terus terhubung dengan satu dan lainnya, membaca berita terkini, dan mengikuti topik yang disukai.

Persaingan layanan pesan untuk perangkat seluler sangat ketat saat ini, dimana satu minggu yang lalu MessageMe sudah menerima kucuran dana sebesar $10 juta dollar dan menyatakan ada sekitar 5 juta pengguna yang terdaftar setelah diluncurkan 75 hari sebelumnya. Sedangkan pengguna ponsel juga banyak yang memakai aplikasi WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM), WeChat, dan lainnya. Layanan WhatsApp termasuk yang paling populer dengan sekitar 200 juta pengguna yang aktif di seluruh dunia. Walaupun pangsa pasar semakin menciut dan penjualan semakin babak-belur di Amerika dan Eropa, BBM diperkirakan masih memiliki sekitar 60 juta pengguna, termasuk mayoritas pengguna berada di Indonesia. WeChat sangat popular di China dengan sekitar 190 juta pengguna yang aktif hari ini. Sedangkan aplikasi Imo.im baru di-download sekitar 7 juta kali sejak diluncurkan tahun 2007.

Minggu ini Imo.im yang berbasis yang di kota Palo Alto, di kawasan industri high-tech Silicon Valley, menyatakan sudah menerima tambahan dana sebesar $13,3 juta dollar. Pemodal pada putaran ini bersifat perorangan yang berasal dari Georges Harik, seorang mantan karyawan Google. Georges Harik menjabat sebagai wakil pendiri Imo.im saat ini.

Pada kesempatan penerimaan modal baru, Imo.im memperbarui aplikasi untuk iOS dan Android, dan meluncurkan fitur baru yang disebut “Broadcast” yang berfungsi sebagai jaringan sosial. Fitur baru ini memudahkan pengguna Imo.im untuk bertemu pengguna lain yang memiliki minat yang sama dan membahas suatu topik yang relevan. Fitur ini juga secara otomatis mencari pengguna lainnya berdasarkan lokasi dan memperbolehkan pengguna berbagi foto dan konten.

(Images: top right, Imo.im logo; bottom, click here to watch a video demo from Imo.im)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s