Advertisements

Dyle mobile TV: memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menonton siaran televisi langsung secara gratis dengan mengandalkan perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet) dan melalui sinyal digital di udara tanpa membayar pulsa telepon

Sebuah perusahaan patungan bernama Mobile Content Venture (MCV) yang berbasis di kota New York City baru-baru ini mengoperasikan layanan yang diberi nama Dyle mobile TV. Perusahaan patungan MCV didirikan bulan April 2010 dan didukung oleh 12 kelompok siaran utama di Amerika, antara lain Fox dan NBC. Dyle mobile TV menargetkan layanan gratis ini untuk pemilik ponsel pintar (seperti iPhone) dan tablet (seperti iPad).

Untuk bisa menonton siaran TV tanpa membayar pulsa, pemilik perangkat mobile membutuhkan sebuah perangkat kecil dengan antena telescoping untuk menangkap sinyal di udara bebas. Alat kecil yang dikenal dengan nama EyeTV Mobile di buat oleh perusahaan Elgato. Alat ini akan dipakai untuk memecahkan kode sinyal DTV (Digital TV) di udara dan kemudian di kirim ke perangkat dalam bentuk gambar hidup. Harganya $99.95 (seratus dollar atau sekitar $1 juta Rupiah). Untuk mengolah stasiun TV yang mau ditonton, baru-baru ini Elgato meluncurkan aplikasi untuk pemilik perangkat Apple iOS.

Tugas Dyle mobile TV adalah menyiarkan program dari jaringan TV yang ikut berpartisipasi seperti NBC, Fox, Univision (bahasa Spanyol) dan lebih dari 90 stasiun utama TV lokal. Karena inovasi TV ini menggunakan sinyal digital khusus mobile, maka layanan ini masih belum tersedia di semua pasar. Untuk sementara siaran hanya meliputi sekitar 35 kota besar di Amerika, termasuk kota Boston, Dallas, Detroit, Las Vegas, Los Angeles, Miami, New York, Philadelphia, dan San Francisco.

Ide dan visi dari Dyle untuk menyediakan layanan TV melalui perangkat mobile bukanlah sesuatu yang baru ditemukan untuk pertama kalinya. Beberapa operator seluler di Amerika sudah menawarkan layanan ini termasuk MobiTV, FLO dari perusahaan pembuat microprocessor Qualcomm, dan perangkat Samsung Galaxy S Lightray 4G yang dijual oleh MetroPCS (operator seluler pra-bayar terbesar di Amerika). Akan tetapi layanan tsb. sangat terbatas dengan pasar dan juga tidak didukung sepenuhnya oleh pemilik stasiun TV di Amerika, yang mana akhirnya FLO gulung tikar tahun lalu. Malah layanan mobile TV lebih populer di luar negeri, termasuk di beberapa negara Asia, misalnya di Korea Selatan dan Taiwan. Di Korea Selatan penyelenggara mobile TV populer seperti KBS2, memakai teknologi yang dikenal dengan Digital Multimedia Broadcasting (DMB). Sedangkan beberapa negara Asia lainnya, misalnya Indonesia, masih melakukan uji coba di kota Jakarta.

(Images: Elgato EyeTV Mobile for iPhone; middle, Elgato EyeTV Mobile for iPad; bottom, Dyle mobile TV app home screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s