Advertisements

VoxPixl: merekam suara sebagai narasi atas foto hingga 30 detik, berbagi lewat jaringan sosial, SMS, email dan web

VoxPixl-logoAplikasi ponsel pintar untuk mengambil foto sudah banyak tersedia di pasar, seperti Instagram, Facebook Kamera, Linea, Cinemagram, dan lain sebagainya. Untuk mengungguli aplikasi lainnya, setiap pengembang aplikasi mencoba menambah fitur baru. Salah satu fitur yang sangat panas belakangan ini adalah pencarian dengan menggunakan suara manusia seperti teknologi yang disediakan oleh Apple Siri. Untuk mengurangi waktu mengetik dengan keyboard, fitur suara merupakan fitur utama aplikasi ponsel pintar modern. Siri diperkenalkan pada awal bulan Juni 2011 di konferensi WWDC dan kemudian dirilis untuk umum ketika sistem operasi iOS 5 diluncurkan pada tanggal 12 Oktober 2011.

VoxPixl adalah perusahaan berbasis di kota Seattle. Minggu ini meluncurkan aplikasi mengambil foto yang dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara, dimana pengguna dapat merekam suara sebagai narasi atas foto hingga 30 detik. Dengan mengandalkan teknologi pengenalan suara dari Nuance, aplikasi foto pintar ini memiliki keunggulan dari aplikasi foto lainnya karena secara otomatis mentranskripsi komentar ke dalam teks.

VoxPixl-iOS-screenshot

Selain dilengkapi dengan alat pengeditan standar dan filter untuk mempercantik foto, aplikasi VoxPixl dirancang khusus untuk mengelola foto dalam jumlah besar dengan tambahan rekaman suara pribadi. Keistimewaan bagi pengguna yang sudah terlanjur mengambil foto dengan aplikasi lainnya, mereka masih boleh memilih foto lama dan menekan tombol mikrofon untuk menambahkan suara. Semua foto dapat disambung dan bisa membuat sebuah cerita dengan suara. Setiap foto juga secara otomatis dipasangi alat pengenal semacam tag yang memudahkan pencarian, membantu pengguna menyimpan di awan (cloud), dan kemudian memudahkan mencari foto dengan suara. Pengguna juga boleh berbagi foto digital dengan teman-teman dan anggota keluarga melalui jaringan sosial (Twitter, Facebook), SMS, email dan situs web.

Untuk sementara aplikasi hanya tersedia untuk perangkat yang dijalankan dengan Apple iOS (iPhone, iPad, dan iPod). Aplikasi versi 1.0.1 dirilis pada tanggal 11 Agustus 2013 dan membutuhkan disk-space sebesar 17.0 MB. Dalam waktu dekat, VoxPixl juga akan meluncurkan versi Android dan Windows Phone.

(Images: top, VoxPixl logo via Facebook; middle, VoxPixl iOS app screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s