Verizon Wireless meluncurkan paket data dengan ukuran yang akrab dan menghapus subsidi perangkat ponsel pintar

Verizon-logoMinggu ini terjadi perubahan besar di dunia bisnis operator seluler di Amerika. Perusahaan penyedia jaringan nirkabel raksasa, Verizon Wireless, mulai mengikuti jejak perusahaan yang lebih kecil dan lebih inovatif seperti T-Mobile. Perubahaan penting ini menyebabkan pelanggan harus membayar perangkat ponsel dengan harga penuh, sebaliknya operator seluler akan menghapus subsidi perangkat ponsel pintar.

Keuntungan bagi pelanggan yang sudah memiliki perangkat ponsel sendiri, mereka hanya membayar biaya layanan yang lebih rendah. Apabila pelanggan ingin memiliki perangkat ponsel terbaru, misalnya iPhone 6s yang akan diluncurkan pada bulan September 2015, maka mereka harus membayar perangkat sendiri seharga $650 atau membayar cicilan sekitar $30 per bulan untuk jangka waktu dua tahun.

Operator seluler terbesar di Amerika, Verizon Wireless, memperkenalkan beberapa paket layanan baru yang akan ditawarkan kepada pelanggan mulai tanggal 13 Agustus. Dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah diingat oleh masyarakat, Verizon hanya menyediakan empat ukuran paket data yaitu ukuran kecil (S), medium (M), besar (L), dan ekstra besar (XL).

Untuk memudahkan pelanggan memilih layanan nirkabel dan paket data, Verizon hanya menyediakan empat opsi. Semua opsi sudah termasuk berbicara dan kirim teks SMS gratis. Sedangkan paket data dapat dibagikan antara 10 jenis perangkat ponsel pintar dan tablet, baik digunakan secara perorangan maupun dalam satu keluarga. Ukuran “S” 1GB data dengan harga berlangganan $30 per bulan, “M” 3GB seharga $45 per bulan, “L” 6GB dengan harga $60 per bulan, dan “XL” 12GB seharga $60 per bulan. Selebihnya akan dikenakan biaya $15 per 1GB.

Setelah membayar biaya paket data, Verizon memungut biaya menghubungkan perangkat ke jaringan nirkabel. Biaya akses untuk ponsel pintar $20 per bulan, tablet atau kotak hotspot Wi-Fi seharga $10 per bulan, dan jam tangan pintar (smartwatch) seharga $5 per bulan.

Perubahan radikal yang dilakukan oleh Verizon akan segera diikuti oleh pesaing-pesaingnya di Amerika, termasuk AT&T, Sprint, dan operator seluler lainnya. Penghapusan subsidi smartphone dan tidak mengharuskan pelanggan meneken kontrak jangka panjang akan memudahkan konsumen berpindah dari operator satu ke operator lainnya. Sudah pasti omzet penjualan ponsel generasi baru akan menghadapi banyak tantangan terutama dalam segi harga penawaran (diatas $500 atau dibawah $500 per unit), model (Samsung Galaxy, Apple iPhone), dan system operasi (iOS atau Android). Konsumen harus lebih hati-hati memilih perangkat yang dapat digunakan untuk jangka waktu lebih lama.

(Image: top right, Verizon Wireless logo)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] iPhone tidak ada kewajiban meneken kontrak atau menjalin kontrak dengan operator mobile seperti Verizon, AT&T, Sprint, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s