Advertisements

Polisi kota New York City bekerja sama dengan apotek lokal untuk menyediakan botol obat yang dilengkapi dengan alat pelacakan GPS untuk melacak pencurian dan perampokan terhadap obat penghilang rasa sakit seperti OxyContin

Oxy-Contin-bottlesPenyalahgunaan obat resep saat ini sudah mengarah pada kekerasan dan mengakibatkan meningkatnya angka kejahatan di Amerika. Banyak pecandu obat penghilang rasa sakit (painkillers) seperti OxyContin sering melakukan perampokan ataupun pencurian karena hidup mereka selalu tergantung dengan kebutuhan semacam obat penenang yang seharusnya membutuhkan resep dokter. Meningkatnya penyalahgunaan obat-obat semacam itu menjadi masalah di kota besar maupun di pinggiran kota di Amerika, seperti yang terjadi di kota New York City. Bukan hanya perampokan ataupun pencurian saja, malah akhir-akhir ini sering terjadi penembakan yang merenggut nyawa karyawan apotek dan orang-orang yang sedang belanja di toko obat lokal.

Clinton-Foundation-Health-Matters-2013-La-QuintaSejak awal minggu ini berlangsung acara konferensi kesehatan di La Quinta Resort and Club di kota La Quinta, California, yang disponsori oleh mantan orang yang paling berkuasa di Amerika Presiden Bill Clinton. Pada hari Selasa (15 Januari), salah satu pembicara acara ini adalah Komisaris Polisi kota New York City, Raymond Kelly. Sebelum kepala polisi kota terbesar di Amerika memberikan kata sambutannya, sebagian dari makalah yang akan dipersembahkan di konferensi ini sudah di publikasikan oleh nydailynews.com yang merupakan surat kabar terkemuka di kota New York City.

Dalam waktu dekat, pihak kepolisian kota New York City akan bekerja sama dengan apotek lokal. Polisi akan menyediakan botol obat yang dilengkapi dengan alat pelacakan GPS. Secara acak, sebagian botol obat akan diberi semacam umpan untuk melacak pencurian dan perampokan terhadap obat penghilang rasa sakit seperti OxyContin. Dengan sensor GPS, apabila terjadi perampokan atau pencurian, maka pihak kepolisian akan dapat melacak botol yang dibawa oleh maling atau perampok dan mendeteksi lokasi kejahatan dan tempat penyimpanan obat-obat terlarang di seluruh kota. Bukan hanya botol obat yang dapat dipasangi sistem pelacakan GPS, malah Komisaris Kelly mengajak para peneliti melakukan inovasi teknologi yang dapat diterapkan terhadap setiap biji tablet yang mana bisa dipasangi sensor pelacak.

(Images: top, prescription drug OxyContin; middle, photo by the Health Matters conference)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] sengaja menaruh umpan dalam sebuah tas berisi uang tunai, dompet, kartu kredit, sebungkus rokok, botol obat, dan gadget seperti Apple iPad dan ponsel pintar (iPhone, Samsung Galaxy). Tas ini sengaja […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s