Advertisements

Newsela: menyortir artikel berita bagi siswa SD kelas 3 sampai SMA, meningkatkan kemampuan berbahasa dan keaksaraan

Newsela-logoWalaupun baru diluncurkan pada bulan Juni 2013, layanan berita online dari perusahaan startup Newsela sudah berhasil menarik minat 400 guru dan 3.000 siswa yang bersedia mendaftarkan diri menjadi anggota setiap hari. Pengguna layanan Newsela berasal dari 50 negara bagian di Amerika, bahkan sudah menerobos 60 negara di dunia.

Startup ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan startup lainnya. Pertama, Newsela merupakan lulusan angkatan pertama dari pendanaan awal Kaplan EdTech Accelerator yang didukung oleh kelompok inkubator TechStars. Kedua, startup ini memenangkan kompetisi Literacy Courseware Challenge yang disponsori oleh yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

Newsela mengandalkan inovasi teknologi dan hak cipta rumus algoritma yang memahami kemampuan berbahasa dan keaksaraan. Gagasan pokok dari keaksaraan sebagai kemampuan membaca dan menulis bagi setiap siswa.

Newsela menyortir berbagai artikel dan cerita dari beberapa penerbit setiap hari. Ada sebagian penerbitan ditulis ulang oleh dewan redaksi, yang mana setiap artikel memiliki kompleksitas suku kata yang beragam dengan sasaran pembaca tingkat pendidikan yang berbeda. Newsela memilah berita dan menjalin kemitraan dengan kantor berita Associated Press dan Reuters, penerbit surat kabar terkemuka Los Angeles Times, Chicago Tribune, Miami Herald, dan beberapa penerbit lainnya.

Dengan meneliti informasi dari pengguna, Newsela menawarkan artikel yang cocok bagi siswa sesuai dengan tingkat kemampuan membaca siswa. Misalnya, berita online versi lebih mudah dengan suku kata yang lebih gampang untuk siswa kelas 3 SD, dibandingkan dengan konten yang lebih menantang bagi siswa SMA. Untuk membantu siswa mempelajari artikel yang baru dibaca, Newsela juga menawarkan kuis sebagai bahan tes untuk tingkatan kelas yang berbeda. Kuis ini membangun pemahaman terhadap bacaan, meningkatkan siswa berpikir kritis, dan membantu siswa untuk terus mengikuti perkembangan berita dunia.

Newsela berbasis di kota New York City. Menjelang akhir minggu ini, Newsela mengumumkan penerimaan pendanaan benih sejumlah $1.2 juta dollar yang dipimpin oleh NewSchools Venture Fund, dan didukung oleh Kapor Capital, Kaplan Ventures dan Silicon Badia.

Newsela-homepage-screenshot

(Images: top right, Newsela logo; bottom, Newsela homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s