Advertisements

TVU Networks: perusahaan teknologi siaran langsung dengan memanfaatkan sinyal seluler 3G/4G dan IP, peralatan siaran dalam bentuk ransel kecil yang mudah dibawa kemana-mana

TVUPack-8200-screenshotOrganisasi berita dunia dan perusahaan stasiun TV lokal maupun nasional selalu berlomba-lomba menayangkan video berkualitas profesional dalam bentuk siaran langsung yang diperuntukan bagi sejumlah peristiwa penting yang terjadi didunia. Misalnya, pemilu presiden Amerika, bencana alam dan gempa bumi, perlombaan olahraga (Olimpiade, Super Bowl, World Cup), dan lain-lainnya. Akan tetapi setiap kali stasiun TV melakukan siaran TV secara langsung, maka dibutuhkan infrastruktur dan peralatan besar yang banyak sekali dan kadangkala harus dibawa oleh sebuah truk.

Untuk mengatasi keterbatasan tenaga mengangkat peralatan, mengurangi biaya mengangkut peralatan, dan menciptakan infrastruktur yang mapan, maka inovasi teknologi peralatan dari TVU Networks akan memberikan solusi bagi siaran video berkualitas profesional dan masih dapat disiarkan langsung. Berbeda dengan siaran TV tradisional yang membutuhkan sebuah truk dengan parabola untuk mentransmisikan sinyal microwave ke satelit, TVU Networks memanfaatkan sinyal seluler 3G/4G dan Internet Protocol (IP) untuk mentransmisikan video.

Keunggulan TVU Networks terletak di inovasi peralatan yang dapat dibawa kemana-mana di lapangan. Peralatan ukuran kecil yang dipikul di punggung, ringan, dan mampu menangkap gambar video dan mengumpulkan berita dari lapangan. Pada awal tahun 2010, TVU Networks memperkenalkan ransel yang isinya peralatan modular untuk merekam video berkualitas HD yang dinamakan TVUPack TM8100. Seterusnya perusahaan startup ini menciptakan aplikasi untuk perangkat mobile yang dinamakan TVU Anywhere untuk memberikan kemudahan kepada pemilik perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet) untuk merekam dan menyiarkan video dengan mudah. Produk terbaru dikenal dengan nama TVUPack TM8200 yang merupakan ransel terkecil yang pernah diciptakan di dunia rekaman dan siaran video.

TVUPack-products

Perusahaan ini berbasis di kota Mountain View yang juga merupakan markas mesin pencari Google. Sejak didirikan tahun 2005, perusahaan ini sudah menerima pendanaan dari berbagai investor. Modal terbaru yang diumumkan hari ini berasal dari kelompok usaha SoftBank Ventures Korea, Altos Ventures dan New Atlantic Ventures. Dalam siaran persnya tidak diungkapkan berapa banyak dana yang sudah diterima selama ini. TVU Networks juga memiliki beberapa kantor cabang, termasuk di New York, Boston, Raleigh (North Carolina) dan Shanghai (China). Dana terbaru akan dipakai untuk ekspansi pasar yang sudah ada di Amerika Utara, Asia, Timur Tengah dan Afrika, selanjutnya startup ini akan melakukan ekspansi dengan sasaran ke Eropa dan Amerika Latin.

(Images: top, TVUPack TM8200 screenshot; middle; TVUPack products; click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s