Advertisements

Middle Finger Emoji: Apple iOS 9.1 merestui penggunaan “jari tengah” untuk mengekspresikan kemarahan yang serius

Apple-iOS-9-1-middle-finger-emojiPemilik ponsel pintar sudah biasa menggunakan emoji untuk mengekspresikan diri, baik dalam keadaan senang, tidak senang, atau marah. Sampai sekarang, perusahaan Apple masih belum merestui penggunaan emoji yang memberi isyarat kasar seperti yang sering dilakukan di negara Barat.

Penggunaan “middle finger” atau “jari tengah” biasanya diartikan menghina. Mengangkat tangan dengan jari tengah terangkat dapat diartikan kata kotor “f*ck” yang mirip dengan orang Surabaya mengatakan “janc*k.” Sudah pasti, ahli rancang di bawah pimpinan Sir Jony Ive tidak akan mengijinkan penggunaan emoji semacam itu di semua perangkat Apple.

Penggunaan emoji “jari tengah” sudah disetujui oleh dewan pengatur Unicode 7.0 pada tahun 2014 lalu. Apple seringkali ikut-ikutan perusahaan lain, karena Microsoft sudah mengijinkan emoji “jari tengah” ketika meluncurkan Windows 10 pada bulan Agustus lalu. Demikian pula aplikasi WhatsApp sudah memperbarui aplikasi Android dan sekaligus menyediakan emoji “jari tengah.”

Apple baru saja menyelenggarakan acara besar dengan memperkenalkan iPad Pro, iPhone 6s, TV dan layanan angsuran pada awal minggu ini. Pengamat teknologi tidak terlalu berminat mengulas produk baru, mereka lebih tertarik menulis blog ketika mendengar bahwa Apple akan merestui penggunaan “jari tengah” di iOS versi 9.1. Apple belum memastikan tanggal peluncuran versi 9.1. Sedangkan peluncuran iOS 9.0 sudah dijadwalkan pada tanggal 16 September 2015.

Ketika emoji “jari tengah” sudah tersedia untuk publik, maka orang-orang akan mengirimkan emoji ini secara serentak, dimana event ini bisa memecahkan rekor dunia. Penggunaan “jari tengah” bisa berdampak luas, karena akan mempengaruhi pemilik ponsel di seluruh dunia menggunakan ekspresi kata kotor untuk berkomunikasi. Padahal penggunaan “jari tengah” hanya biasa dilakukan di negara Barat.

(Image: top right, iOS 9.1 Middle Finger Emoji)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s