Advertisements

Pieces Of There: paket produk lokal untuk mengobati kerinduan akan camilan, oleh-oleh, dan saus dari kampung halaman

oleh-oleh-camilan-kampung-inovasi-comBanyak orang yang sudah merantau ke tempat baru seringkali masih mendambakan barang-barang dari kampung halaman atau dari kota asalnya. Dengan kemajuan teknologi, kita masih bisa mengikuti berita kampung melalui siaran TV atau membaca berita di Internet, tapi sayangnya camilan, oleh-oleh, dan saus dari kampung masih sangat sulit ditemukan di tempat baru.

Ide mendirikan startup Pieces Of There ketika pendiri perusahaan ini bernama Elizabeth Kulin yang sudah pernah tinggal di beberapa kota di Amerika Serikat (seperti, Boston, San Francisco, Boulder, Seattle) merasa sangat rindu dan kangen akan barang-barang dari kota yang pernah didiami. Liz Kulin percaya bahwa walaupun sudah jauh dari kampung, masih banyak orang yang ingin mendapatkan barang-barang dari tempat asalnya. Bayangkan saja di negara adikuasa yang terdiri atas 50 negara bagian dan satu district seperti jarak dari Sabang sampai Merauke, tetapi masih belum ditemukan suatu layanan ecommerce yang menyediakan produk lokal dari semua negara bagian.

Cara kerja startup ini sangat sederhana karena Pieces Of There menjalin kemitraan khusus dengan beberapa pemasok lokal di setiap kota. Hal ini dilakukan supaya setiap produk dipilih oleh pemasok yang ahli dan mengerti barang-barang buatan setempat. Kemudian barang-barang yang dipesan, dikirim langsung dari kota yang bersangkutan ke rumah pelanggan. Layanan Pieces Of There seolah-olah berfungsi menyediakan seorang ahli untuk membelanjakan oleh-oleh dari kampung untuk kita yang sudah melanglang buana jauh sekali dari bumi.

Liz Kulin mendirikan startup ini di kota Seattle menjelang akhir tahun 2012. Setiap paket yang dijual lewat toko online dengan harga berkisar antara $25 sampai $90. Setiap paket dikhususkan dengan wilayah geografis setiap negara bagian dan kadang-kadang diisi barang cinderamata dari tim olahraga kesayangan kota tersebut. Sampai hari ini sudah menyajikan lebih dari 100 macam paket yang meliputi sekitar 30 negara bagian di pesisir pantai barat dan pantai timur Amerika. Startup ini masih belum mengumumkan modal kerja, karena masih menunggu pendanaan dari investor ventura.

pieces-of-there-packages

(Images: top right, Indonesian style snacks products, photographed by Inovasi.com; bottom, Pieces Of There’s homepage showing packages from several states in the US)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s