Advertisements

Whisper: pengakuan rahasia dari pengguna anonim, mengatakan kejadian sebenarnya yang ada dalam pikiran dan perasaan

Whisper-logoEra media sosial menyebabkan pemilik akun ingin menonjolkan profil, jumlah tweets, atau jumlah pengikut. Demikian pula dalam hal penulisan dan penampilan gambar, kebanyakan pemilik akun sosial media hanya menulis hal-hal yang bagus atau memasang foto yang layak. Tetapi masih banyak orang yang terdorong untuk mengatakan apa yang terjadi sebenarnya, dalam pikiran dan perasaan mereka, sehingga penulis tidak merasa tertekan dengan mempublikasikan catatan atau penulisan singkat yang pernah mereka alami.

Whisper merupakan bagian dari reaksi terhadap perkembangan jaringan sosial. Layanan Whisper boleh dibilang bertolak belakang dengan niat pengguna yang ingin menonjol di dunia maya, karena identitas pengguna ditutupi. Whisper seolah-olah berfungsi sebagai tempat untuk mengungkapkan rahasia pribadi, dimana pengguna boleh menulis gosip dan pengakuan dengan menggunakan akun anonim dan menggunakan kata-kata kiasan atau slang untuk orang dewasa. Whisper memberi kesempatan kepada pengguna untuk menuturkan dengan kata-kata terhadap kejadian sebenarnya, yang ada dalam pikiran dan perasaan mereka.

Sejak diluncurkan, sasaran pasar pengguna Whisper kebanyakan dari kalangan anak muda terutama sangat populer di kampus-kampus perguruan tinggi. Sasaran pasar hampir mirip Snapchat, alat untuk mengambil gambar dan video yang dapat dihapus. Banyak mahasiswa yang mempunyai waktu luang ingin menambah konten dan menceritakan secara rahasia kejadian dalam hidup mereka kepada khalayak umum.

Awal minggu ini Whisper memperbarui aplikasi versi 4.0.0 untuk iOS yang difokuskan untuk personalisasi konten berdasarkan lokasi dan minat. Setelah platform diperbarui, pengguna dapat melihat posting terkait berdasarkan kategori dari pengakuan pengguna, misalnya kategori cerita humor, fashion, hubungan cinta, kesehatan, dan lain sebagainya. Sekarang sudah tersedia alat pencarian dengan mengetik suku kata dan membantu pengguna menemukan cerita rahasia yang lebih relevan bagi pengguna. Fitur baru juga menghubungkan jaringan sosial terkemuka sehingga memungkinkan pengguna anonim berbagi cerita dengan bebas, antara satu sama lainnya.

Whisper diluncurkan pada musim semi tahun 2012 dan berbasis di kota Santa Monica di pantai barat kota Los Angeles. Beberapa blogger teknologi terkemuka di Amerika mencatat bahwa startup ini mempunyai nilai pasar sekitar $200 juta dollar. Awal minggu ini, Whisper menerima pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $36 juta dollar. Pendukung modal terdiri atas Shasta Ventures, Thrive Capital, Sequoia Capital dan Tencent. Total pendanaan sejak didirikan sudah mencapai $60 juta dollar.

Whisper-homepage

(Images: top right, Whisper logo; bottom, Whisper homepage screenshot)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] dengan orang lain secara anonim. Kedua aplikasi yang sedang naik daun di Amerika tsb. adalah Whisper dan Secret. Hebatnya, kedua aplikasi terkemuka ini baru diluncurkan untuk khalayak umum dalam […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s