Advertisements

Cameo memungkinkan pengguna ponsel membuat film pendek dengan tambahan fitur seperti alat editing, efek, tema, musik

Cameo-logo-Perkembangan inovasi teknologi aplikasi untuk mengambil video mengalami pertumbuhan yang sangat pesat pada tahun 2013 ini. Bulan Januari Twitter meluncurkan Vine. Kemudian menyongsong dimulainya musim panas di Amerika pada akhir bulan Juni Instagram menambah fitur video. Selanjutnya mantan pendiri YouTube meluncurkan MixBit pada bulan Agustus. Minggu ini sebuah perusahaan startup berbasis di kota New York City meluncurkan Cameo.

Aplikasi Cameo hanya tersedia untuk perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi Apple iOS 7.0, termasuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod. Versi 1.0.0 membutuhkan kapasitas disk-space sebesar 13.1 MB, diluncurkan pada tanggal 9 Oktober 2013.

Cara kerja aplikasi Cameo hampir mirip dengan MixBit. Pengguna Cameo mengambil beberapa klip video sepanjang 6 detik melalui iPhone, iPad, atau iPod. Kemudian, secara instan Cameo menyimpan video-video tsb di server cloud (awan). Dengan tambahan fitur-fitur canggih, pengguna bisa melakukan video editing, mengubah latar belakang (menambah filter tema), menambah efek warna, dan memadukan video dengan musik. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan pemangkasan dengan mudah, dimana pengguna cukup mengklik video yang dimaksud, menyeret, atau menyatukan semua klip video lewat ponsel. Filter tema juga dapat mengubah warna dan tampilan video menjadi model kuno untuk kamera 8 mm, 16 mm, atau 35 mm. Setelah semuanya dilakukan, maka hasilnya berupa film pendek dengan waktu tayang selama 2 menit.

Cameo-iOS-app

Cameo menyediakan fitur untuk berbagi dengan teman-teman dan sanak keluarga. Setelah video diambil lewat perangkat iOS (iPhone, iPad, iPod), pengguna bisa langsung berbagi video lewat Facebook, Twitter, dan Tumblr. Sedangkan film pendek yang bagus dapat di-upload ke YouTube, Vimeo dan Instagram.

Dibandingkan dengan semua aplikasi yang sudah tersedia di pasar, Cameo memiliki keunggulan dalam segi kolaborasi antar teman. Untuk memudahkan berbagi video antar teman, aplikasi ini memungkinkan tiga pengguna sekaligus mengambil video dan mengakses video yang sudah diambil. Jadi, ketika ingin membuat film pendek, tiga pengguna boleh berbagi hasil rekaman mereka untuk menciptakan sebuah jalan cerita yang lebih berbobot dan enak ditonton.

Sampai hari ini belum diumumkan nama-nama investor yang mendukung modal awal perusahaan startup ini. Yang pasti, masa depan aplikasi Cameo sangat menjanjikan, apalagi aplikasi ini mengandalkan inovasi teknologi terkini dengan tambahan fitur-fitur yang sangat canggih, akan memicu kreativitas pengguna untuk membuat film pendek yang bermutu tinggi.

(Images: top right, Cameo logo; middle, Cameo’s iOS app screenshots, via Apple App Store; bottom, click here to watch a video demo by Cameo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s