Advertisements

MixBit: aplikasi video untuk merekam, mengedit, menggabungkan klip, dan menciptakan sebuah cerita bersama orang lain

MixBit-create-videos-together

Setelah menjual perusahaan layanan video terkemuka YouTube kepada raksasa mesin pencari Google dengan harga $1,65 miliar dollar pada bulan November tahun 2006, Chad Hurley dan Steve Chen, masih belum puas dengan mengembangkan inovasi teknologi di dunia video. Kedua pendiri YouTube masih ingin membantu pengguna aplikasi membuat video besar dan menciptakan sebuah cerita bersama orang lain. Keduanya meluncurkan MixBit minggu ini dan jangan heran kalau slogan perusahaan startup ini berbunyi “Create Videos Together” (artinya, menciptakan video bersama-sama orang lain).

Ide menyediakan aplikasi video bukanlah sesuatu yang baru karena belakangan ini sudah ada beberapa penyedia terkemuka yang mencoba di arena ini, termasuk Twitter Vine, Instagram, Snapchat, Keek, dan lain sebagainya. Perbedaan diantara semua aplikasi terletak pada jumlah waktu tayang. Vine membatasi pengguna merekam video selama 6 detik, Instagram memungkinkan video direkam selama 15 detik, Keek mengijinkan pengguna merekam video paling panjang selama 36 detik. MixBit mengambil jalan tengah dan memungkinkan pengguna merekam video selama 16 detik.

Keunggulan MixBit seperti penjahit video dan boleh berbagi video di dalam sebuah komunitas penggemar video. MixBit memperbolehkan pengguna merekam, mengedit, dan mempublikasikan satu video klip selama 16 detik dan dapat digabungkan dengan video klip lainnya. Dalam satu cerita panjang, pengguna bisa menggabungkan sebanyak 256 klip. Total waktu untuk satu cerita berkisar 4.096 detik atau 68 menit lamanya. Hebatnya, semua klip dapat digabung dan dimodifikasi melalui aplikasi seluler. Setelah selesai menciptakan video, hasilnya dapat ditampilkan melalui situs web MixBit supaya dapat ditonton oleh khalayak umum di seluruh dunia.

MixBit-iOS-app

Untuk sementara aplikasi hanya tersedia untuk pengguna perangkat Apple, termasuk iPhone, iPad dan iPod. Aplikasi untuk sistem operasi iOS versi 1.0.3 diperbarui pada tanggal 8 Agustus 2013 dan membutuhkan kapasitas 10.7 MB. Aplikasi untuk sistem operasi Android baru akan diluncurkan dalam waktu beberapa minggu lagi.

MixBit masih belum mengumumkan pendanaan awal dan pendukung modal. Startup ini masih beroperasi dibawah naungan perusahaan induk AVOS yang berbasis di kota San Mateo di selatan kota San Francisco, di kawasan industri high-tech Silicon Valley, California.

(Images: top, MixBit homepage screenshot; bottom, MixBit iOS app)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] akhir bulan Juni Instagram menambah fitur video. Selanjutnya mantan pendiri YouTube meluncurkan MixBit pada bulan Agustus. Minggu ini sebuah perusahaan startup berbasis di kota New York City meluncurkan […]

  2. […] momen-momen penting, dengan menggunakan aplikasi seperti Instagram, Snapchat, Facebook Kamera, Mixbit, dan aplikasi lainnya. Untuk menjaga privasi dan menghindari kesalahpahaman, kadangkala kita tidak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s