Advertisements

Liga sepakbola NFL menghibahkan $2,5 juta kepada University of Washington untuk mempelajari dan mengobati gegar otak

NFL-logoPenggunaan inovasi teknologi di dunia olahraga semakin berkembang pesat. Namun para peneliti masih ketinggalan jauh dalam hal menemukan solusi untuk membuat olahraga aman dan mengurangi cedera. Untuk itu liga sepakbola ala-Amerika NFL ingin mempelajari akibat permainan olahraga yang dapat mencederai para atlet, terutama di bagian kepala.

NFL mengumumkan bahwa liga ini menyediakan dana $2,5 juta dollar dan menghibahkannya kepada University of Washington untuk mendirikan sebuah lembaga baru. Lembaga baru yang dinamakan the Sports Health and Safety Institute, akan dikelola oleh Departemen Kedokteran dengan tugas utama mencari solusi mengobati gegar otak dan cedera otak. Disamping itu, lembaga ini akan terlibat mendidik masyarakat tentang metode terbaik untuk mencegah gegar otak.

Cedera ketika berlangsungnya pertandingan sepak bola ala-Amerika menjadi sorotan tajam dari masyarakat akhir-akhir ini. Ada beberapa bekas atlet sepakbola mengalami trauma kepala dan menyebabkan mereka melakukan hal-hal yang tidak wajar, seperti usaha untuk bunuh diri dan lainnya. Bahkan setiap negara bagian di Amerika memberlakukan hukum baru yang melarang pemuda kembali bermain di lapangan setelah mengalami cedera kepala.

Pertandingan NFL merupakan bisnis olahraga terbesar di Amerika. Sudah pasti liga harus bertindak cepat untuk menemukan solusi dan membantu menghindari cedera di kalangan pemuda yang berminat di bidang olahraga ini. Demikian pula, NFL sedang menghadapi berbagai kasus tuntutan hukum dari bekas atlet yang menyalahkan liga. Bekas atlet mengecam liga, karena tidak pernah terbuka membahas akibat cedera kepala.

(Image: top right, NFL logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s