Advertisements

Drizly: toko minuman keras online untuk konsumen dewasa, dipesan melalui aplikasi ponsel dan segera diantar ke rumah

Drizly-logoUntuk melayani lebih dari 175 juta pemilik ponsel pintar di Amerika, banyak startup yang didirikan akhir-akhir ini mengambil ide dengan menyediakan kenyamanan bagi pengguna melalui aplikasi mobile. Pengguna memakai ponsel pintar untuk membandingkan harga produk, memesan makanan restoran dan barang kebutuhan sehari-hari, menyewa pengantar barang, dan lainnya.

Dalam waktu satu tahun terakhir ini para investor ventura cenderung memberikan modal kerja dalam jumlah besar kepada startup-startup yang mengandalkan bisnis model dengan menggabungkan inovasi aplikasi ponsel pintar dan teknologi logistik. Hal ini dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi pengiriman barang dari toko ke rumah pembeli dalam waktu yang sangat singkat, setelah pembeli memesan barang online (antara 30 menit sampai 1 jam). Contoh-contoh startup termasuk, Good Eggs, UberRUSH, Boxed, Shutl, Gone, Shyp, DoorDash, Postmates, Munchery, Deliv, Instacart, dan lain sebagainya.

Sekarang sudah hadir toko minuman keras online untuk konsumen dewasa yang dikenal dengan Drizly. Toko online ini menyediakan bir, minuman keras, dan minuman anggur yang dapat segera diantar ke rumah dalam waktu kurang dari satu jam setelah memesan lewat aplikasi ponsel.

Keunggulan Drizly terletak pada harga barang, yang mana harganya sama dengan harga toko minuman keras setempat. Setiap pesanan total minimal $20. Sedangkan biaya antar ke rumah sekitar $5 untuk setiap pesanan.

Tergantung hukum di setiap negara bagian di Amerika, hampir semua negara bagian mengharuskan konsumen berusia minimal 21 tahun ketika membeli minuman keras, termasuk di negara bagian California. Untuk menjamin usia layak membeli minuman keras, pengantar tidak akan mengantar barang ke kampus-kampus universitas. Demikian pula ketika barang di antar ke depan rumah, pengantar akan meminta bukti KTP atau SIM dari pembeli. Saat ini sudah melayani kota Austin (Texas), Boston, Chicago, Denver (Colorado), Indianapolis, Los Angeles, New York City, Seattle, dan Washington DC.

Drizly juga memastikan pengguna ponsel pintar sudah dewasa sebelum diperbolehkan men-download aplikasi ini untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi untuk iPhone versi 2.2.10 diperbarui pada tanggal 30 Oktober 2014 dan membutuhkan disk-space sebesar 23.4 MB.

Drizly didirikan pada bulan Juli tahun 2012 dan berbasis di kota New York dengan cabang di kota Boston. Startup ini terakhir kalinya menerima pendanaan benih sekitar $5 juta pada bulan Mei 2014 dari beberapa investor, termasuk Vayner/RSE, Suffolk Equity Partners, dan Continental Investors.

Drizly-iOS-app

(Images: top right, Drizly logo; bottom, Drizly iOS app via Apple App Store)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s