Advertisements

Optimum Energy: perangkat lunak untuk mengatur suhu bangunan dengan tujuan menghemat energi dan biaya pemeliharaan

Optimum-Energy-logoSatu dekade terakhir ini ada berbagai usaha yang dilakukan para aktivis pecinta lingkungan, dimana kelompok masyarakat ini melakukan kampanye supaya perusahaan meningkatkan kesadaran dengan menyediakan bangunan ramah lingkungan. Menghemat energi merupakan faktor penting bagi perusahaan, sedangkan mencegah polusi udara dan emisi CO2, merupakan kebutuhan dasar dengan mempertimbangkan kondisi suhu bumi semakin panas. Pada kesempatan yang sama perusahaan juga mencoba memangkas biaya operasional untuk fasilitas gedung and peralatan penunjang bangunan.

Perusahaan startup Optimum Energy adalah penyedia solusi optimasi yang sudah terbukti dan dapat mengurangi biaya operasional hampir 50 persen. Startup ini menggunakan inovasi teknologi perangkat lunak yang dapat mengurangi pemakaian energi dan biaya pemeliharaan gedung. Disamping itu juga membantu perusahaan meningkatkan produktivitas tenaga pendukung fasilitas, terutama untuk perusahaan-perusahaan besar dari kelompok Fortune 100.

Optimum-Energy-homepage-screenshotSalah satu produk andalan dari Optimum Energy dan sudah memiliki hak paten dikenal sebagai Real-Time Dynamic Commissioning (RTDC). Sistem ini dipakai untuk mengatur suhu bangunan, mengelola fasilitas pemanasan dan pendinginan bangunan. Sistem ini juga dilengkapi peralatan cerdas supaya mampu belajar secara otomatis dan melakukan perubahan secara instan sehingga membantu fasilitas menggunakan energi terendah. Keunggulan sistem ini termasuk mendulang data dan melakukan analisis data, dimana hasilnya dapat dipakai untuk memprediksi konsumsi energi yang digunakan. Perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dengan cara mengoptimalkan penggunaan energi, menghemat energi, dan biaya pemeliharaan bangunan untuk jangka panjang.

Pada pertengahan bulan April tahun 2013, Optimum Energy meluncurkan perangkat lunak berbasis di cloud (awan) khusus untuk pelanggan besar, supaya pelanggan dapat mengelola fasilitas gedung dari jarak jauh dan melakukan akses melalui Internet dimana saja. Kombinasi inovasi teknologi gedung dan perangkat lunak berbasis di cloud memberikan kemudahan kepada pelanggan yang bersifat elastis, untuk mengurangi atau menambah konsumsi energi ketika mendadak terjadi pertumbuhan pemakaian.

Menjelang akhir minggu ini Optimum Energy yang berbasis di kota Seattle menerima tambahan modal dari investor baru dan dari kelompok investor yang sebelumnya sudah menanam modal. Pada putaran ini diperkirakan menerima dana sejumlah lebih dari $12 juta dollar. Pada putaran pendanaan dua tahun yang lalu sudah menerima modal awal yang mendekati $20 juta dollar.

(Images: top right, Optimum Energy logo; middle left, Optimum Energy homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s