Advertisements

NationBuilder: membantu organisator dan pengabdi masyarakat dari semua tingkatan dengan fokus pada kampanye politik

nationbuilder-logoMenjelang pemilu di Amerika bulan November 2012, pengguna platform NationBuilder dari semua jenis dan tingkatan terus mengalir dan bertambah, terutama dari kalangan organisator dan calon pengabdi masyarakat. Walaupun bisnis untuk menyediakan layanan bagi para politikus sempat diperkirakan akan merosot setelah pemilu utama selesai, ternyata bisnis ini malah lebih ramai sejak awal tahun 2013 ini. Banyak perlombaan kursi pejabat lokal dan dewan kota mengandalkan platform ini untuk memenangkan jabatan. Malah pemenang pemilu walikota Los Angeles pada tanggal 21 Mei 2013, Eric Garcetti, harus berterima kasih kepada penyedia platform ini.

Walikota baru untuk kota LA yang akan dilantik pada tanggal 1 Juli, menggunakan platform NationBuilder untuk melakukan kampanye dan mencapai pemilih. Disamping itu kekuatan kampanye didukung oleh media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Tidak lepas dari semua itu, platform NationBuilder juga membantu walikota LA dalam hal perekrutan donor dan berhasil menggalang dana lebih dari $7 juta dollar menjelang pemungutan suara.

Platform NationBuilder lebih fokus pada kampanye politik, dipakai organisator untuk membuat situs web, aplikasi mobile, optimasi untuk mesin pencari, mengirim email, menyimpan daftar anggota, mengumpulkan sumbangan, dan merekrut sukarelawan. Dengan biaya sangat terjangkau, platform ini memiliki peralatan, fitur, dan peforma sangat memukau.

Dalam satu blog post, Jim Gilliam, CEO dan pendiri NationBuilder menuturkan bahwa sebagai perusahaan infrastruktur untuk membantu para organisator dan pengabdi masyarakat, jumlah pengguna platform ini berkembang pesat selama dua tahun terakhir ini. Platform ini dipakai politikus, aktivitis, dan pemimpin kota untuk merekrut lebih dari 280.000 orang sukarelawan dan berhasil mengumpulkan dana dari masyarakat yang melampaui lebih dari $110 juta dollar.

Minggu ini, NationBuilder yang berbasis di kota Los Angeles menerima tambahan modal untuk putaran kedua (Seri B) dari dua kelompok investor yang terdiri atas Omidyar Network dan Andreessen Horowitz. Jumlah modal yang diterima pada putaran ini mencapai $8 juta dollar. Sebelumnya sudah menerima modal sejumlah $6 juta lebih pada bulan Maret 2012. Sejak didirikan tahun 2009, startup ini sudah menerima modal sekitar $15 juta dollar. Omidyar adalah pendiri eBay, mesin lelang terbesar di dunia. Sedang Andreessen adalah investor kelas atas di Silicon Valley dan juga pencipta Netscape web browser yang sangat terkenal pada tahun tahun 1990-an. Modal ekstra pada putaran terakhir ini akan dipakai untuk memicu inovasi produk, menambah tenaga insinyur, dan menambah pekerja amal.

Eric-Garcetti-LA-Mayor-Nation-Builder

(Images: top right, NationBuilder logo; bottom, Los Angeles incoming Mayor Eric Garcetti, showing a website built by NationBuilder)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s