Advertisements

DraftKings: mengandalkan pengetahuan olahraga, bermain kompetisi fantasi melawan teman dan musuh dengan imbalan uang

Hampir semua pengemar olahraga mempunyai pengetahuan luas terhadap pemain utama di bidang olahraga seperti baseball, sepak bola, bola basket, dan hoki es. Tidak heran pecandu bola sering berangan-angan membina sebuah “dream team” yang terdiri atas pemain-pemain hebat di posisi mereka, yang diambil dari beberapa klub terkemuka. Dengan bekal pengetahuan olahraga tsb, pecandu bola dapat bersaing melawan teman dan musuh lainnya secara online yang dikenal dengan istilah kompetisi fantasi permainan olahraga.

DraftKings merupakan perusahaan startup yang menyediakan situs web dan situs untuk perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet), dimana para pecandu bola bisa membentuk tim olahraga kesayangan mereka dan kemudian bertanding dalam kompetisi fantasi melawan teman dan musuh. Hadiah utama dari kompetisi ini berupa uang kontan.

DraftKings-contest

Supaya para pecandu bola dapat bermain setiap hari secara online, DraftKings memiliki keunggulan dengan menampilkan kontes olahraga fantasi harian dan pemenang ditentukan pada hari yang sama. DraftKings menyediakan tampilan antarmuka sederhana dan sehingga para peserta yang berpengalaman maupun pemula dapat menyeleksi sebuah tim dengan cepat.

Sejak diluncurkan pertama kali pada bulan April 2012, DraftKings merupakan salah satu penyelenggara kompetisi fantasi yang disukai para pecandu bola di Amerika. Bersamaan musim pertandingan olahraga sepak bola ala Amerika, bola basket dan hoki es yang dimulai sejak akhir Agustus 2013, jumlah anggota tumbuh tiga kali lipat dan sudah mencapai sekitar 1 juta anggota. DraftKings menyatakan bahwa rata-rata setiap anggota menghabiskan waktu sekitar 5 jam setiap minggu di situs tsb. Selanjutnya pendapatan perusahaan juga bertumbuh 10 kali lipat dalam waktu satu tahun terakhir ini. Selama tahun 2013 ini, DraftKings sudah memberikan hadiah uang kontan lebih dari $50 juta kepada peserta kontes.

DraftKings berpusat di kota Boston, pantai timur Amerika. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $24 juta dollar yang dipimpin oleh Redpoint Ventures dan didukung oleh penyedia modal pada putaran sebelumnya termasuk GGV Capital, Atlas Venture, dan BDS Ventures. Sejak didirikan sudah berhasil mengumpulkan modal kerja sekitar $35 juta dollar. Dana baru akan dipakai untuk mengembangkan pemasaran, kemungkinan akuisisi, menjalin kemitraan dengan perusahaan lainnya, dan mengangkat tenaga ahli baru.

(Images: middle, DraftKings Contest screenshot; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s