Advertisements

Fleksy: keyboard canggih yang memungkinkan pengguna untuk mengetik pada layar sentuh secara bebas dan tanpa melihat

fleksy-logo-squareKecuali perangkat BlackBerry yang biasanya dilengkapi dengan keyboard fisik ukuran kecil, mayoritas ponsel pintar (smartphone) jenis layar sentuh sudah menggunakan keyboard virtual untuk mengetik, seperti yang terjadi pada produk Apple iPhone 5 dan Samsung Galaxy S IV. Walaupun sudah disediakan keyboard dari penyedia sistem operasi dan pabrik telepon genggam, perusahaan Syntellia masih coba mengadu nasib dengan mengandalkan inovasi teknologi dan menciptakan keyboard layar sentuh yang lebih canggih. Setelah melakukan uji-coba yang ketat, akhirnya pada bulan Juli 2012 perusahaan startup ini meluncurkan produk baru berupa keyboard untuk ponsel pintar berlayar sentuh yang dinamakan Fleksy.

Keyboard Fleksy versi pertama hanya tersedia untuk perangkat iOS (iPhone dan iPad), kemudian tim ahli terus melakukan uji-coba dan meluncurkan aplikasi untuk perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi Google Android pada awal tahun 2013. Saking bagusnya, Fleksy meraih berbagai penghargaan seperti dari CES Design and Engineering Award pada bulan Januari 2013. Toko Apple App Store menyatakan keyboard Fleksy sebagai aplikasi terbagus pada bulan Desember 2012 lalu. Malah ada sebagian pengguna iPhone meminta Apple untuk memakai keyboard ini sebagai pengganti keyboard yang sudah ada, dan menjadikan keyboard Fleksy sebagai fitur standar untuk semua gadget yang dijalankan dengan iOS.

Cara kerja Fleksy memang luar biasa bagi pengguna, karena mereka dapat mengetik dengan tanpa melihat ke layar, seolah-olah mengetik di keyboard komputer laptop. Fleksy mengandalkan inovasi teknologi dan sistem input teks, kayaknya keyboard ini bisa membaca pikiran pengguna pada saat sedang mengetik. Hal ini dapat dilakukan karena Fleksy juga ditanami dengan otak buatan yang memiliki kecerdasan khusus.

fleksy-iphone-app

Aplikasi keyboard Fleksy versi 1.8.1 untuk iOS diperbarui pada tanggal 22 Juli 2013. Aplikasi ini membutuskan kapasitas disk-space sebesar 31.1 MB. Sedangkan aplikasi untuk Android masih berstatus beta.

Syntellia resmi mendaftarkan diri menjadi korporasi di negara bagian California pada bulan Mei 2011 dengan kantor pusat di kota San Francisco dan memiliki 9 karyawan. Minggu ini Syntellia mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $3 juta dollar. Pendukung modal termasuk kelompok investor papan atas di Silicon Valley, seperti Highland Capital Partners, Kleiner Perkins Caufield & Byers, Middleland Capital, dan beberapa investor yang bersifat pribadi.

Kehadiran keyboard yang cerdas, lebih canggih, dan enak dipakai untuk mengetik, sangat dibutuhkan untuk mendukung pengembangan perangkat dan gadget ukuran yang lebih kecil, terutama yang menggunakan layar sentuh, contohnya jam tangan pintar merek Pebble dan Sony. Demikian pula, penggunaan ponsel pintar dengan layar sentuh semakin merajalela di dunia, sedangkan kebutuhan untuk mengetik sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Keyboard Fleksy telah menunjukkan suatu terobosan baru untuk mengubah pengalaman buruk yang dialami pengguna ponsel layar sentuh yang seringkali salah mengetik. Jelas sekali bahwa inovasi teknologi yang dipersembahkan oleh Fleksy setidak-tidaknya sudah memecahkan masalah yang dialami pengguna selama ini.

(Images: top right, Fleksy app icon; middle left, Fleksy iOS app screenshots)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] manusia seperti teknologi yang disediakan oleh Apple Siri. Untuk mengurangi waktu mengetik dengan keyboard, fitur suara merupakan fitur utama aplikasi ponsel pintar modern. Siri diperkenalkan pada awal […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s