Advertisements

Cargomatic: menghubungkan pengirim barang dan pengemudi truk lokal untuk mengangkut kargo jarak dekat

Cargomatic-truck-Kalau industri taksi secara global sedang dilanda oleh layanan berbagi kendaraan pribadi dari perusahaan seperti Uber, Lyft, BlaBlaCar, dan Side-car, maka sekarang industri angkutan lokal yang menggunakan truk mulai diincar oleh Cargomatic. Perusahaan startup ini memanfaatkan inovasi aplikasi mobile untuk menghubungkan pengirim barang dan pengemudi truk lokal.

Cargomatic percaya bahwa masih banyak truk di dalam kota yang berkelebihan kapasitas, dimana sopir truk lokal masih belum efisien mengatur rute pengangkutan mereka. Dengan mengandalkan inovasi platform canggih ini, maka pengirim barang dapat mendaftarkan kargo yang tersedia, sambil menunggu pengemudi truk yang cocok waktu dan rute untuk mengangkut muatan tsb.

Keuntungan bagi pemilik dan pengemudi truk, mereka bisa menambah penghasilan diluar jadwal rutin. Cargomatic juga membantu mengatur rute perjalanan, sehingga memudahkan sambungan untuk beberapa pengirim yang berada di rute yang sama. Sedangkan keuntungan bagi pengirim barang, termasuk mereka dapat segera mengirim barang dalam jumlah sedikit dan hanya mengeluarkan biaya kecil dibandingkan harus menyewa satu truk dan membayar harga penuh. Contohnya, pengirim cukup membayar biaya seperempat ongkos sewa truk, apabila hanya mengirim sepuluh kotak besar.

Dengan memakai aplikasi mobile, maka pengirim dan pengantar barang lebih transparansi dalam hal transaksi. Hal ini memungkinkan semua pihak bisa bertindak cepat, lebih sedikit komunikasi dan tidak perlu melakukan tawar-menawar yang menghabiskan waktu.

Cargomatic diluncurkan pada 2014 dan berbasis di kota Los Angeles. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $8 juta dollar yang dipimpin oleh Canaan Partners. Pendukung modal lainnya termasuk Volvo Group Venture Capital, Estes Express, Morado Venture Partners, SV Angel, Sherpa Ventures, Winklevoss Capital, Structure Capital, dan beberapa pemberi modal yang bersifat pribadi. Bersama uang benih, maka sejak didirikan sudah mengantongi uang kerja lebih dari $10 juta dollar.

(Image: top right, Cargomatic truck via Twitter)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s