Advertisements

BlaBlaCar: komunitas berbagi kendaraan dan biaya perjalanan jarak jauh, menghubungkan penumpang dan supir mobil

BlaBlaCar-logoBisnis model yang mengandalkan ekonomi berbagi semakin berkembang pesat di semua sektor bisnis. Berbagi kendaraan roda empat (Sidecar, FlightCar, Uber dan Lyft), sepeda motor (Scoot Networks), garasi (StowThat), gudang untuk penyimpanan barang-barang (SpareFoot), ruang rumah (Stash), dan kamar tidur (LoveRoom), sudah terbukti sangat populer di Amerika dalam waktu dua atau tiga tahun terakhir ini.

BlaBlaCar merupakan komunitas berbagi kendaraan roda-empat, ketika penumpang dan supir mobil ingin melakukan perjalanan jarak jauh bersama-sama. Setiap penumpang mengganti ongkos perjalanan (uang bensin), sedangkan supir menutupi biaya perawatan kendaraan, dimana supir biasanya tidak mengambil untung. Contoh untuk perjalanan berjarak 200 mil, setiap penumpang dikenakan biaya rata-rata $25 dollar. Biaya ini jauh lebih rendah daripada memakai alternatif transportasi jenis lain.

BlaBlaCar memanfaatkan inovasi teknologi platform web dan seluler (ponsel pintar), sehingga mampu menyediakan layanan kepada pengguna dengan basis kepercayaan antar anggota, supaya menjamin keamanan bersama. Setiap pendaftar menyediakan profil anggota supaya dapat di akses oleh penumpang dan supir mobil. Bahkan untuk memudahkan seleksi dan mencari kecocokan, setiap anggota boleh mencantumkan tingkat kecerewetan mereka (suka ngobrol, berbagi cerita tentang hobi), dengan menggunakan jumlah tanda, satu “Bla” atau dua “BlaBla” atau tiga “BlaBlaBla.”

Saat ini sudah terdaftar sekitar 8 juta anggota yang berasal dari 12 negara di Eropa, termasuk Benelux, Perancis, Jerman, Italia, Polandia, Portugal, Rusia, Spanyol, Ukraina dan Inggris. Setiap bulan, lebih dari 1 juta anggota BlaBlaCar berbagi perjalanan yang berjarak sekitar 200 mil.

Perusahaan startup BlaBlaCar didirikan pada tahun 2006 dan bermarkas di kota Paris. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ketiga (Seri C) sejumlah $100 juta dollar yang dipimpin oleh Index Ventures, perusahaan modal ventura yang berbasis di kota London. Pendukung modal kerja pada putaran sebelumnya juga ikut berpartisipasi, termasuk Accel Partners, ISAI, dan Lead Edge Capital. Sebelumnya sudah menerima modal kerja sejumlah $10 juta dollar pada awal tahun 2012.

Bla-Bla-Car-homepage

(Images: top right, BlaBlaCar logo; bottom, BlaBlaCar homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] Los Angeles, New York, dan Boston. Perusahaan startup yang lagi trendi termasuk Sidecar, Uber, Bla Bla Car dan […]

  2. […] Industri fashion mencontoh cara kerja berbagi kendaraan beroda empat yang diperkenalkan oleh Uber, BlaBlaCar, Sidecar, FlightCar, dan Lyft. Contoh ekonomi berbagi di industri lain yang sedang populer di […]

  3. […] global sedang dilanda oleh layanan berbagi kendaraan pribadi dari perusahaan seperti Uber, Lyft, BlaBlaCar, dan Side-car, maka sekarang industri angkutan lokal yang menggunakan truk mulai diincar oleh […]

  4. […] transportasi sedang mengalami pertumbuhan pesat, seperti yang sedang terjadi pada Uber, Lyft, BlaBlaCar, dan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s