Advertisements

Remind101 memudahkan guru untuk mengirim pesan teks kepada siswa dan berbagi informasi tentang kelas dengan orangtua

Remind101-logoUntuk menghindari masalah keamanan, skandal, dan etika antara guru dan murid, masih banyak sekolah yang menganut cara tradisional mendidik siswa, dimana guru tidak berkomunikasi dengan siswa di luar jadwal sekolah. Padahal komunikasi antara guru dan siswa merupakan kesempatan berharga untuk menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Banyak penelitian mendukung peningkatan komunikasi di luar lingkungan sekolah, karena guru yang sering berkomunikasi dengan murid dan orangtua akan menumbuhkan keinginan siswa menyelesaikan tugas rumah (PR).

Dengan perkembangan inovasi teknologi jaman ini, mayoritas remaja sudah berkomunikasi satu sama yang lain dengan menggunakan ponsel. Pengiriman pesan teks bertumbuh pesat dari kelompok pengguna ini. Dengan perubahan tren di kalangan remaja hari ini, maka sekolah-sekolah di Amerika mulai menggunakan teknologi seluler untuk menghubungkan guru dengan siswa dan orangtua.

Remind101 menyediakan layanan alat berkomunikasi di lingkungan sekolah dan diberikan secara gratis. Remind101 merupakan salah satu penyelenggara pengiriman pesan teks yang sangat populer di Amerika hari ini. Jumlah pengguna aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 10 juta guru, orangtua dan murid, dimana mereka mengirimkan 65 juta pesan teks setiap bulan.

Keunggulan Remind101 termasuk guru dapat mengirim pesan untuk seluruh murid di dalam satu kelas. Pesan teks seperti menyuruh murid mengerjakan tugas PR, mengingatkan jadwal ujian, ataupun mengirimkan pesan-pesan untuk memotivasi siswa supaya lebih giat belajar. Keistimewaan terletak pada fitur privasi, dimana guru tidak dapat melihat nomor telepon murid, demikian pula sebaliknya murid tidak dapat melihat nomor telepon guru. Juga tersedia fitur yang memungkinkan orangtua menerima pesan lewat email. Keunggulan lainnya seperti guru dapat menjadwalkan pesan teks yang dapat dikirim di kemudian hari dan menyimpan riwayat komunikasi.

Perusahaan ini didirikan pada bulan Agustus 2011 di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $15 juta dollar yang dipimpin oleh Kleiner Perkins Caulfield & Byers yang merupakan investor papan atas di Silicon Valley. Sebelumnya pada bulan September 2013 sudah menerima modal kerja putaran pertama (Seri A) sejumlah $3,5 juta dollar yang didukung oleh investor terkemuka Yuri Milner. Total modal kerja yang sudah dikumpulkan mencapai sekitar $18,5 juta dollar.

Remind101-iOS-screenshot

(Images: top right, Remind101 logo; bottom, Remind101 iOS app screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s