Advertisements

Twitter meluncurkan aplikasi Periscope, untuk menyiarkan video langsung melalui perangkat iOS (iPhone dan iPad)

Pada minggu terakhir bulan Maret 2015 ini, perusahaan jejaring sosial Twitter meluncurkan aplikasi Periscope yang mirip dengan cara kerja aplikasi Meerkat. Meskipun akan bersaing ketat dengan aplikasi Meerkat yang lebih inovatif dan baru saja diluncurkan akhir bulan Februari, banyak pengamat teknologi percaya bahwa perlombaan untuk merebut pasar streaming video siaran langsung (live) dari pengguna ponsel pintar dan tablet masih terbuka lebar.

Kehadiran berbagai aplikasi untuk menyiarkan video langsung menunjukkan bahwa inovasi di dunia video masih terus berkembang. Teknologi siaran langsung juga didukung oleh pembuat ponsel pintar seperti Apple iPhone dan Samsung Galaxy, yang menyediakan kamera canggih untuk merekam dan menyiarkan video.

Saat ini sedang terjadi pergeseran budaya, karena pengguna ponsel sudah tidak malu-malu lagi berbagi aktivitas kehidupan mereka sehari-hari di Internet, seperti menjamurnya pemasangan foto selfie di jaringan sosial. Setelah sukses memasang foto, sekarang terjadi peralihan dimana lebih banyak pemilik ponsel pintar mendambakan kemampuan untuk melakukan siaran langsung video dan mempertontonkan aktivitas mereka kepada khalayak ramai. Budaya baru berganti profesi menjadi penyiar siaran langsung dari lapangan.

Twitter mengakuisi Periscope pada bulan Januari 2015. Banyak penulis teknologi mensinyalir bahwa Twitter membayar sekitar $100 juta dollar untuk perusahaan startup ini. Twitter akan membiarkan aplikasi ini dikelola secara independen oleh pendirinya. Hal yang sama juga dilakukan terhadap aplikasi Vine ketika diakuisisi oleh Twitter pada akhir tahun 2012.

Keunggulan Periscope dari Meerkat termasuk memperbolehkan pengguna menyiarkan ulang siaran langsung yang baru ditayangkan. Kemudian video tsb. boleh diputar di situs web dan situs mobile. Keistimewaan lainnya, Periscope menyediakan opsi bagi pengguna aplikasi memilih daftar pengikut yang boleh menonton siaran video langsung. Meerkat dan Periscope memiliki kesamaan yaitu menyediakan ruang bagi pengguna menulis komentar, memberi tanda suka, dan lainnya. Sayangnya, kedua aplikasi ini dibangun hanya untuk pengguna perangkat yang dijalankan dengan system operasi iOS (iPhone dan iPad).

Periscope-iOS

Periscope versi 1.0 resmi diluncurkan pada tanggal 26 Maret 2015. Aplikasi iOS membutuhkan kapasitas 14.8 MB. Saat diluncurkan sudah tersedia dalam bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, Tionghua, Spanyol, Turki, dan Vietnam. Bagi peminat aplikasi Periscope yang menggunakan perangkat Android, maka mereka harus sabar menunggu sampai musim panas tahun 2015 ini.

Karena Periscope diluncurkan hanya terpaut satu bulan dari Meerkat, masih sulit untuk menyatakan siapa yang bakal keluar sebagai pemenang diantara dua aplikasi video terbaru ini. Sejarah mencatat bahwa pelopor bisa dikalahkan oleh pendatang baru di dunia teknologi. Contoh, pelopor system operasi ponsel pintar BlackBerry kalah bersaing dengan Apple iOS dan Google Android.

(Images: middle, Periscope app via Apple iTunes)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] WeWork, Teespring, Arc’teryx, Product Hunt, DigitalOcean (penyedia cloud hosting), dan Periscope (yang baru diakuisisi oleh […]

  2. […] 33 persen mengirim email, 27 persen mengakses jaringan sosial Facebook, 14 persen membuka akun Twitter, 14 persen mengambil foto dengan aplikasi Instagram, dan 11 persen menonton dan merekam video lewat […]

  3. […] melalui ponsel pintar (smartphone). Pada mulanya, aplikasi live-streaming seperti Meerkat dan Periscope, hanya dapat dijalankan dengan system operasi iOS (iPhone, iPad). Kemudian setelah meraup banyak […]

  4. […] ke simbol hati bukanlah sesuatu yang baru. Ini karena penggunaan simbol hati sudah dipakai oleh Periscope, sebuah anak usaha Twitter yang diakuisisi pada awal tahun 2015. Boleh dibilang, Twitter dan Vine […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s