Advertisements

Algolia: memasang mesin pencari di situs web perusahaan dan aplikasi mobile untuk meningkatkan keterlibatan pengguna

Untuk pencarian yang bersifat umum, pengguna Internet biasanya mengandalkan mesin pencari Google dan Bing. Sebaliknya ketika tiba di sebuah situs web atau aplikasi mobile, maka pengunjung cenderung mencari produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan yang bersangkutan. Pemilik merek, pengelola situs web perusahaan, dan pengembang aplikasi mobile, terus berupaya meningkatkan pengalaman pencarian bagi pengunjung, supaya mereka dapat menemukan produk dan jasa secepatnya dan berbelanja lebih banyak.

Algolia mengembangkan inovasi teknologi mesin pencari yang bersifat pribadi dan dapat dipasang di dalam situs web perusahaan dan aplikasi mobile. Mesin pencari ini memberikan hasil pencarian yang lebih cocok dengan kemauan pengunjung dalam kecepatan tinggi. Apabila pengunjung menemukan produk dan jasa yang pas, maka akan membantu mereka mengambil keputusan berbelanja. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan konversi.

Algolia-product

Karena teknologi Algolia berbasis di cloud, maka memungkinkan manajer produk menyediakan solusi pencarian tanpa harus merepotkan departemen IT di dalam perusahaan. Algolia menyediakan API yang siap dipasang di situs web, sehingga perusahaan tidak perlu lagi membangun mesin pencari sendiri.

Selain mengurangi ketergantungan departemen IT, keunggulan Algolia termasuk menangani volume data yang tinggi dan cepat, sehingga memudahkan pengunjung menemukan produk dan jasa yang lebih relevan. Kelebihan lainnya, Algolia menyimpan data yang dapat di sedot dari 12 pusat data yang tersebar di seluruh dunia, sehingga memungkinkan situs web menerima hasil pencarian lebih cepat.

Saat ini sudah ada 600 perusahaan besar dan kecil yang tersebar di 50 negara yang membayar iuran berlangganan. Daftar klien termasuk CrunchBase, Genius.com, Vevo, Medium, WeWork, Teespring, Arc’teryx, Product Hunt, DigitalOcean (penyedia cloud hosting), dan Periscope (yang baru diakuisisi oleh Twitter).

Startup Algolia didirikan pada bulan September 2012 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $18,3 juta dollar yang dipimpin oleh Accel Partners. Penyedia modal kerja pada putaran sebelumnya yang juga ikut berpartisipasi termasuk Alven Capital, Point Nine Capital, Storm Ventures, dan Lead Edge Capital. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja lebih dari $21 juta dollar.

(Image: middle, Algolia product)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s