Advertisements

Solve Media: membuktikan pengguna adalah manusia (bukan robot spam), dan mengetikkan pesan merek dari pemasang iklan

solve-media-logo-facebookUntuk keamanan Internet, banyak perusahaan online yang menyediakan pendaftarkan pelanggan baru (seperti registrasi akun email, akun keanggotaan jaringan sosial, dll) menggunakan sebuah kotak berisi huruf dan angka yang berlekuk-lekuk. Di kotak yang dikenal sebagai CAPTCHA, pengguna diharuskan mengetikkan kalimat pendek sesuai yang tertera di kotak tsb., selanjutnya baru boleh menyelesaikan pendaftaran. CAPTCHA adalah singkatan dari “computer automated public turning test to tell computers and humans apart” (artinya: membedakan pengguna adalah manusia, bukan mesin atau robot).

Perusahaan Solve Media berhasil melakukan inovasi teknologi terhadap kotak CAPTCHA dan melihat peluang komersial dari segi keamanan Internet. Startup ini mengubah huruf dan angka dengan mengharuskan pendaftar dan pelanggan baru mengetikkan pesan dari pemegang merek, slogan perusahaan, atau pesan promosi dari pemasang iklan. Bisnis model untuk mendorong pendaftar membaca pesan pemasar ini berkembang pesat dan para pemasarpun bersedia membayar.

Solve-Media-Type-In-adsSolve Media didirikan pada tahun 2009 di kota New York. Startup ini memiliki kantor cabang di Philidelphia, Chicago, dan Los Angeles. Startup ini mempunyai sasaran untuk menambah klien lebih banyak pada tahun 2013 dan memperkirakan pemasukan dari penjualan layanan teknologi untuk iklan akan mencapai sekitar $16 juta dollar.

Keunggulan Solve Media termasuk membantu pemasar untuk meningkatkan pengenalan merek kepada khalayak umum, supaya pelanggan lebih mudah mengingat pesan sponsor. Demikian pula, inovasi teknologi dari Solve Media bisa dipakai oleh pemasar yang sengaja melakukan kampanye untuk mendulang ide-ide dari pembaca, misalnya meminta pembaca memasukkan kata-kata penting yang menggambarkan suatu merek.

Pada tanggal 3 Juli 2013, Solve Media mengajukan sebuah Formulir D ke SEC (badan pengawasan milik pemerintah Amerika yang mengatur investasi perusahaan), yang mana dalam formulir ini dewan eksekutif startup ini mematok pendanaan putaran baru sejumlah $5,65 juta dollar. Pendanaan pada putaran ini dipimpin oleh New Atlantic Ventures (NAV), dan didukung oleh First Round Capital, AOL Ventures, dan Bullpen Capital. Dana baru akan dipakai untuk menambah karyawan khususnya bagian penjualan dan melakukan ekspansi secara internasional.

(Images: top right, Solve Media logo via Facebook; middle left, Type-In ads; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s