Advertisements

Tales2Go: memupuk minat baca buku pada anak-anak melalui audio, untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman

Sekolah-sekolah dan orangtua terus berjuang untuk meningkatkan gairah membaca di kalangan anak-anak. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satu metode yang digunakan adalah melalui audio (pendengaran), dengan harapan bahwa anak-anak menjadi pendengar yang baik dan kemudian berubah menjadi pembaca yang baik. Pola pendengaran juga akan meningkatkan keterampilan dan pemahaman pada anak-anak.

Layanan perpustakaan dengan ribuan buku audio yang disediakan oleh perusahaan startup Tales2Go dapat membantu orang tua di rumah dan guru-guru di sekolah. Tales2Go memungkinkan anak-anak untuk mendengarkan cerita-cerita dengan menggunakan komputer laptop dan perangkat seluler. Inovasi teknologi buku audio tersedia secara online maupun offline, sehingga memudahkan anak-anak mendengarkan cerita dimana saja, baik ketika masih di lingkungan sekolah maupun di rumah. Cara kerjanya seolah-olah sama dengan tempat penyewaan video online yang dapat diakses langsung dengan streaming dari server, atau dalam bentuk download file ke perangkat pengguna.

Keunggulan Tales2Go terletak pada fitur pengenalan setiap pribadi dan memberikan rekomendasi buku audio yang cocok dengan preferensi guru, orangtua dan anak-anak. Demikian pula membantu guru untuk menyeleksi buku untuk masing-masing siswa. Malah guru juga bisa menetapkan buku audio yang standar untuk seluruh siswa di dalam satu kelas berdasarkan tingkatan.

Untuk pendapatan dan kelangsungan perusahaan, startup ini menerapkan bisnis model langganan tahunan untuk sekolah dan langganan bulanan untuk keluarga. Biaya langganan tahunan untuk sekolah rata-rata $3 per anak. Sedangkan layanan untuk keluarga dikenakan biaya langganan $10 per bulan, dimana buku audio dapat dipakai melalui lima perangkat termasuk laptop, desktop, ponsel pintar dan tablet. Selama promosi, 30 hari pertama gratis.

Tales2Go didirikan pada tahun 2009 dan berbasis di kota Bethesda, di negara bagian Maryland, pantai timur Amerika. Minggu ini menerima pendanaan putaran awal sejumlah $750 ribu dollar yang didukung oleh NewSchools Venture Fund and Maryland Venture Fund. Sejak didirikan sudah menerima modal kerja sekitar $1,4 juta dollar.

Tales2Go-homepage-

(Image: bottom, Tales2Go homepage screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s