Advertisements

Marco Polo: cara mudah untuk berbagi lokasi secara pribadi kepada teman dekat, dengan menunjukkan gambar dan pesan

Ketika kita sedang berada di suatu lokasi di luar rumah atau kantor, kita seringkali bertukar kirim pesan SMS teks atau BBM untuk mengetahui dimana teman-teman kita sedang berada. Daripada saling kirim-mengirim teks, sekarang sudah tersedia sebuah aplikasi untuk ponsel pintar yang menunjukkan lokasi kita dan teman-teman kita, yang dinamakan Marco Polo.

Aplikasi Marco Polo bertujuan untuk memudahkan pengguna berbagi lokasi secara pribadi kepada teman dekat supaya bisa menemukan satu sama lainnya dan membuat janji untuk bertemu di suatu tempat yang sudah disetujui. Keunikan aplikasi Marco Polo menyediakan tombol yang disebut “Marco” berupa pin yang memberi tanda diatas peta berikut gambar foto kita. Setelah memberi tanda, aplikasi ini langsung menuju ke daftar teman kita, sehingga memudahkan kita memilih teman yang akan mengetahui posisi kita. Setelah mengirim “Marco,” pengguna aplikasi lainnya menerima pemberitahuan tentang lokasi kita. Secara instan mereka juga boleh berbagi lokasi mereka dan membalas undangan kita dengan satu klik, dengan cara menekan tombol “Marco.” Ketika teman kita memberi tanda, ini menunjukkan lokasi dimana mereka sedang berada. Keistimewaan aplikasi ini memberi kemudahan kepada pengguna yang belum men-download aplikasi Marco Polo, dimana pengguna dapat mengundang teman dengan mengirim sebuah link tentang lokasi dimana mereka sedang berada.

Walaupun ide berbagi lokasi bukanlah sesuatu yang baru, seperti yang sudah dikembangkan oleh Foursquare, dimana aplikasi ini memberi kemudahkan berbagi informasi lokasi dengan semua teman. Akan tetapi ketika memakai Foursquare kita sering berusaha untuk tidak menyinggung perasaan orang lain, karena kita tidak ingin berbagi lokasi dengan semua orang yang ada di dalam daftar teman kita. Sedangkan Marco Polo lebih bersifat pribadi, kita boleh memilih berbagi lokasi dengan beberapa teman dekat.

Aplikasi Marco Polo dibangun oleh sekelompok pengembang dari perusahaan startup Pinchit Inc. Ketika didirikan pada tahun 2010, Pinchit berbasis di kota San Francisco dan sudah menerima pendanaan awal dari beberapa investor yang bersifat pribadi. Dana awal digunakan untuk membangun situs web yang berfokus untuk menyediakan harga diskon kepada pembeli dalam bentuk group. Setelah meluncurkan aplikasi Marco Polo, sampai hari ini masih belum diumumkan secara resmi pendanaan babak berikutnya.

Di toko Apple Store, aplikasi Marco Polo masuk dalam kategori jaringan sosial. Aplikasi versi 1.3.2 untuk system operasi iOS 6 keatas diperbarui pada tanggal 29 Desember 2013 dan membutuhkan disk-space sebesar 9.2 MB. Saat ini, Marco Polo hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Dalam waktu dekat Marco Polo juga akan merilis aplikasi untuk perangkat Android.

Marco-Polo-iOS-screenshot

(Images: bottom, Marco Polo iOS app screenshot)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s