Advertisements

iSpot: melacak efektivitas iklan TV, melakukan pengukuran terhadap respon dari jaringan sosial dan mesin pencari

Secara tradisional, pengukuran efektivitas iklan TV lebih banyak ditekankan kepada acara populer yang akan ditayangkan. Acara TV terkenal misalnya, American Idol, disukai pemasang iklan yang sedang mencari sasaran penonton dari kalangan anak muda. Sebaliknya acara TV seperti perdebatan kandidat presiden, lebih cenderung disenangi pemasang iklan yang ingin menjual produk atau jasa untuk keluarga.

Saat ini sedang terjadi pergeseran terhadap penggunaan metode menghitung efektivitas iklan TV. Kalau dulu hanya mengandalkan metrik jumlah penonton, maka sekarang pemasang iklan cenderung memakai metode pengukuran terhadap respon dari jaringan sosial (Facebook, Twitter) dan mesin pencari (Google, Bing, Yahoo). Pemasang iklan ingin mengetahui korelasi antara iklan TV yang sedang ditayangkan dan tanggapan penonton yang mengunjungi jaringan sosial dan mesin pencari.

iSpot.tv mengembangkan inovasi teknologi pengukuran tanggapan penonton terhadap iklan TV secara instan. Perusahaan ini menyediakan metrik pengukuran terhadap iklan TV, respon dari Facebook, hastag Twitter, perilaku pencarian lewat Google, dan sekaligus memberikan gambaran terhadap kekuatan merek di pasar. Jumlah pengunjung ke jaringan sosial menunjukkan sinyal efektivitas materi iklan dan dapat dipakai sebagai bahan perencanaan media.

iSpot.tv

iSpot.tv menyediakan beberapa metode untuk pengumpulan data metrik. Pengukuran iSpot.tv dilakukan terhadap jumlah pemirsa TV dari tabung televisi sebagai layar utama. Kemudian dilanjutkan pengukuran terhadap jumlah pengunjung dari layar kedua, termasuk layar sentuh ponsel pintar, tablet, dan laptop komputer.

Perusahaan media dan lembaga periklanan memakai metrik yang dihasilkan oleh iSpot.tv untuk merancang kreatif iklan, merencanakan jadwal pemasangan iklan, dan sekaligus mempelajari kegiatan dari perusahaan saingan secara mendalam. Daftar klien termasuk perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500, seperti Sony, Microsoft, American Express, T-Mobile, Honda, P&G, dan lainnya.

Perusahaan iSpot.tv didirikan pada bulan April 2012, berbasis di kota Bellevue, dekat kota Seattle, dengan cabang di kota New York, Los Angeles, dan Chicago. Baru-baru ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $22 juta dollar yang dipimpin oleh Insight Venture Partners, dan didukung oleh Madrona Venture Group. Sejak didirikan sudah mengantongi modal kerja sejumlah $28 juta dollar, dimana perusahaan ini memiliki nilai pasar untuk akuisisi sekitar $130 juta dollar.

(Image: middle center, iSpot.tv homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s