Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar, bulan Agustus 2014 di Amerika: sistem operasi Android 52 persen, Apple iOS 42 persen

Pangsa pasar ponsel pintar tidak mengalami perubahan drastis dari bulan Mei hingga Agustus. Sistem operasi yang diciptakan oleh Google dan Apple masih mengambil porsi terbesar pangsa pasar smartphone di Amerika.

Menurut laporan bulanan yang dipublikasikan oleh perusahaan riset comScore, ada 174 juta orang sudah memiliki ponsel pintar di Amerika, atau 72 persen penetrasi pasar.

Top-Smartphone-Platforms-August-2014Android masih berada pada posisi puncak. Android mengambil 52 persen pangsa pasar ponsel pintar pada bulan Agustus, dibandingkan dengan 52,1 persen pada bulan Mei, atau terjadi penurunan 0,1 persen.

Apple iOS masih tetap di posisi nomor dua. iOS mengambil 42 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, dibandingkan dengan 41,9 persen pangsa pada bulan Mei, atau terjadi kenaikan 0,1 persen.

Microsoft Windows Phone mengambil posisi nomor tiga. Windows Phone (atau kelak cukup dikenal sebagai “Windows”) mengambil 3,5 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, dibandingkan dengan 3,4 persen pada bulan Mei, atau terjadi kenaikan 0,1 persen.

Dengan penggantian CEO baru, perusahaan BlackBerry yang berbasis di Kanada berusaha keras untuk kembali ke masa kejayaannya dengan meluncurkan beberapa perangkat baru, seperti Passport. Walaupun system operasi BlackBerry terus menerus diserang oleh Android dan iOS, tapi masih mampu bertahan dengan sekitar 4 juta pengguna setia BlackBerry di Amerika hari ini. BlackBerry mengambil 2,3 persen pangsa pasar pada bulan Agustus, yang mana porsi ini sama dengan porsi pada bulan Mei, atau tidak terjadi perubahan sama sekali.

Ketika Apple meluncurkan system operasi iOS 8 pada pertengahan bulan September lalu, semakin banyak pengguna ponsel pintar beralih ke perangkat buatan Apple. Apalagi perusahaan berbasis di Silicon Valley ini sudah mengirimkan pesanan iPhone versi 6 ke pelanggan pada tanggal 19 September lalu, maka sudah pasti laporan comScore berikutnya akan menunjukkan pangsa pasar iOS yang lebih besar untuk bulan September dan Oktober.

(Image: middle left, comScore Top Smartphone Platforms, August 2014)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] melayani lebih dari 175 juta pemilik ponsel pintar di Amerika, banyak startup yang didirikan akhir-akhir ini mengambil ide dengan menyediakan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s