Advertisements

Kinnek: membantu pemilik usaha kecil mencari, menemukan, membandingkan kutipan harga barang dari pemasok

kinnek-logo-squareSebagian besar pemilik usaha kecil, seperti restoran, warung kopi, dan toko roti, masih mencari pemasok dengan cara lama atau kadang-kadang hanya secara kebetulan menemukannya melalui iklan di koran atau buku direktori. Sedangkan bagi pemilik usaha untuk melakukan perbandingan harga barang antara beberapa pemasok sangat sulit dan akan membutuhkan banyak waktu.

Kinnek merupakan gabungan antara dua fungsi, sebagai direktori berisi kumpulan pemasok-pemasok dan sebagai penghubung pemasok yang menawarkan barang dan jasa. Kinnek memungkinkan usaha kecil meminta penawaran harga barang dari beberapa pemasok sekaligus.

Kinnek-how-it-worksCara kerjanya sangat mudah, pemilik usaha kecil mendaftarkan diri di situs Kinnek dan menerima akun untuk login. Kemudian memasukkan informasi barang-barang yang sedang dicari secara terperinci. Daftar barang ini dikirim kepada pemasok yang kemudian menyiapkan kutipan harga barang. Pemilik bisnis boleh membandingkan beberapa pemasok dan memilih yang cocok. Supaya saling menguntungkan, pembeli dan pemasok boleh saling melakukan negosiasi dengan menggunakan platform ini.

Setelah semua pihak menyetujui harga barang, maka transaksi dapat dilakukan dengan panggilan telepon, kirim fax, dan transfer pembayaran lewat bank atau membayar dengan kartu kredit.

Kinnek tidak mengambil untung dari setiap transaksi antara pembeli dan penjual, melainkan hanya menerima pembayaran semacam iuran dari pemasok yang memakai platform ini.

Kinnek didirikan pada bulan Maret 2012 dan berbasis di kota New York. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $10 juta dollar yang dipimpin oleh Matrix Partners. Pendukung modal lainnya termasuk Sierra Ventures, Version One Ventures, CrunchFund, TriplePoint Ventures, dan beberapa investor yang bersifat pribadi. Sebelumnya sudah menerima modal benih sejumlah $1,5 juta pada bulan Desember 2012. Sejak didirikan sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $11,5 juta dollar.

Kinnek-homepage-screenshot

(Images: top right, Kinnek logo; middle left, Kinnek “How It Works” via homepage; bottom, Kinnek homepage)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s