Advertisements

Zonoff: teknologi untuk mengendalikan perangkat elektronik rumah tinggal, mengelola energi dan pemantauan keamanan

zonoff-logoPerubahan gaya hidup di jaman high-tech telah menciptakan berbagai peluang bisnis. Salah satunya dengan mengandalkan inovasi teknologi untuk mengotomatisasikan semua perangkat elektronik di rumah tinggal. Perangkat rumah semakin cerdas dan terhubung ke Internet karena dijalankan dengan sistem operasi canggih. Peralatan dalam rumah seperti kulkas, microwave, AC, atau lampu; dan peralatan luar rumah seperti pintu garasi dan pintu halaman, sudah dapat dikendalikan dari jarak jauh. Semua peralatan dapat terhubung dengan web dan dikendalikan melalui aplikasi ponsel pintar.

Hambatan teknologi yang tersedia hari ini terutama belum ada keseragaman karena semua perangkat memakai standar dan teknologi yang berbeda, yang mana sulit membuat semua peralatan berbicara satu dengan yang lainnya dan bekerja bersama-sama. Karena sesuatu yang sangat penting untuk kebutuhan rumah tinggal, kebanyakan konsumen cenderung memilih solusi yang disediakan oleh merek yang terpercaya. Daripada konsumen membeli setiap peralatan berlainan merek dan dipasang sendiri, maka mereka juga cenderung memasang perangkat elektronik yang dijalankan dengan satu sistem operasi.

Perusahaan startup Zonoff menggunakan bisnis model sebagai pendukung, yang bekerja di belakang layar, sambil menjalin kemitraan dengan perusahaan dan pemasok yang menyediakan produk-produk dan perangkat elektronik untuk rumah tinggal. Kemitraan ini memberikan kebebasan bagi Zonoff untuk memasang perangkat lunak yang dapat menjadikan otomatisasi rumah menjadi suatu kenyataan. Perangkat lunak dipasang untuk menjalankan remote control, mengelola energi, dan memantau keamanan rumah. Solusi dari Zonoff tersedia dalam berbagai level, dari level pemula sampai yang tingkat atas dan terlengkap.

Dalam siaran persnya, Zonoff menyatakan sudah lebih 500 juta perangkat elektronik yang dikirim ke seluruh dunia yang memakai solusi dari startup ini. Belakangan ini Zonoff membangun dan mengembangkan layanan berbasis cloud (awan) supaya layanan ini bisa dikembangkan dengan tujuan mencapai skala global. Pengguna peralatan elektronik yang dijalankan dengan otak Zonoff sudah mencapai jutaan rumah di seluruh dunia.

Zonoff-software-appZonoff didirikan pada tahun 2011 di kota Malvern, di negara bagian Pennsylvania, di bagian timur benua Amerika. Walaupun baru mengkaryakan 18 pegawai, perusahaan startup ini berhasil menarik minat investor. Sudah jelas investor tertarik dengan pola penghasilan perusahaan, yang mana berasal dari cara menjual lisensi, menyediakan layanan menyimpan data di cloud dan berbagi penghasilan yang diraup dari pemasok perangkat elektronik. Minggu ini Zonoff mengumumkan sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $3,8 juta dollar dari Valhalla Partners dan Grotech Ventures.

Dengan memilih bisnis model sebagai pendukung merek perusahaan lain dan menjalin kemitraan dengan pemasok perangkat elektronik, ini merupakan keputusan tepat, sehingga perusahaan ini bisa menekan biaya operasi. Sedangkan menjual perangkat elektronik merek sendiri, menjalin hubungan yang lebih dalam dengan konsumen, dan mengeluarkan biaya besar untuk pemasaran bukanlah tugas Zonoff. Bisnis model semacam ini akan memberikan keunggulan bagi tim kerja supaya lebih berfokus dengan pengembangan perangkat lunak.

(Images: top right, Zonoff logo; middle left, Zonoff software app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s