Advertisements

Eero: menciptakan jaringan pemancar Wi-Fi yang kuat, dapat menutupi seluruh rumah dan segala sudut ruang

Eero-logoBanyak pemilik rumah menghadapi kesulitan untuk memancarkan sinyal Wi-Fi yang kuat ke seluruh ruang di sebuah rumah. Peralatan pemancar Wi-Fi yang dijual di pasar biasanya hanya memancarkan sinyal dari satu titik pusat, tapi tidak bisa menjangkau ke ruang loteng dan halaman belakang.

Eero menciptakan inovasi alat pemancar Wi-Fi atau router berbentuk seperti pod. Alat router ini dapat menyebarkan sinyal ke segala sudut ruang di rumah, karena Eero memakai tiga alat pemancar sekaligus. Supaya tiga alat terhubung semuanya, maka Eero mengandalkan teknologi Bluetooth dan jaringan gabungan gelombang radio.

Eero-wifiCara kerjanya, alat pemancar pertama langsung dihubungkan ke jaringan kabel atau DSL yang sekaligus berfungsi sebagai modem utama. Sedangkan dua alat pemancar lainnya cukup dicolokkan ke listrik di tembok dan diletakkan di tempat yang belum terjangkau sinyal. Ketiga alat ini bisa saling berkomunikasi melalui jaringan yang sudah dibangun di dalam alat pemancar.

Keberadaan jaringan Wi-Fi di rumah semakin penting, karena banyak sekali peralatan rumah yang terhubung ke Wi-Fi. Ini termasuk peralatan TV, game konsol, alat musik, pajangan pigura foto, kamera keamanan, bola lampu, kulkas, alat pengatur suhu ruang, alat deteksi asap, gembok pintu, dan lainnya.

Bagi yang berminat, dapat memesan Eero secara online dengan harga $125 per unit. Untuk rumah ukuran besar dianjurkan untuk memasang tiga alat pemancar, dimana tiga alat ini dikenakan harga $299. Ongkos kirim untuk pengguna di Amerika $10. Gadget ini baru akan dikirim sekitar bulan Juli 2015.

Perusahaan startup Eero didirikan pada tahun 2014 dan berbasis di kota San Francisco. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan benih sejumlah $5 juta dollar yang diberikan oleh sekelompok investor, termasuk First Round Capital, Stanford University atau StartX, Menlo Ventures, AME Cloud Ventures, Homebrew Ventures, dan beberapa investor yang bersifat pribadi.

(Images: top right, Eero logo; middle left, Eero Wi-Fi router via Facebook)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s