Advertisements

Cyber Monday 2013: hari belanja online terbesar dalam sejarah e-commerce, meningkat 20,6 persen dari tahun 2012

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru di Amerika, banyak pekerja kantor duduk diam di depan komputer seolah-olah bekerja keras, tetapi kenyataannya mereka sedang melakukan penawaran dan belanja online. Data terbaru yang dipublikasikan oleh IBM menunjukkan bahwa Cyber Monday 2013 yang jatuh pada hari Senin tanggal 2 Desember merupakan hari belanja online terbesar dalam sejarah e-commerce. Yang lebih mengagumkan adalah banyak pekerja kantor cenderung berbelanja melalui perangkat ponsel pintar dan tablet ketika sedang naik bus menuju ke tempat kerja atau sesudah pulang kantor.

Walaupun tidak menampilkan angka penjualan, namun data dari IBM memberikan angin segar bagi pengecer online, dari toko ukuran kecil sampai ukuran raksasa, seperti Amazon.com, Wal-Mart, Target, BestBuy, dan sebagainya. Secara garis besar, penjualan pada hari Senin tahun 2013 meningkat 20,6 persen dari Cyber Monday tahun 2012.

Penjualan melalui perangkat seluler mengambil pangsa sebesar 17 persen dari seluruh penjualan pada tahun 2013 (atau naik 55,4 persen dari tahun 2012). Sedangkan pengunjung yang datang ke toko dan berasal dari perangkat seluler mencapai 31,7 persen dari seluruh lalu lintas online pada tahun 2013 (atau naik 45 persen dari tahun 2012).

Pembeli cenderung melakukan kunjungan ke toko melalui ponsel pintar, tetapi ketika berbelanja mereka lebih suka menggunakan tablet. Pengguna tablet mengambil pangsa 11,7 persen dari seluruh penjualan online, sedangkan ponsel pintar hanya mengambil pangsa 5,5 persen dari seluruh penjualan online.

Laporan dari IBM juga menunjukkan perbedaan besar antara pembeli yang menggunakan perangkat seluler yang dijalankan dengan system operasi Apple iOS dan Google Android. Pengguna iOS lebih berkantong tebal dan membeli barang yang rata-rata nilainya mencapai $120,29, dibandingkan pengguna Android berbelanja sekitar $106,70. Pengguna iOS mengambil pangsa 14,5 persen dari seluruh penjualan online, sedangkan pengguna Android hanya mewakili 2,6 persen dari seluruh penjualan online.

Pembeli juga dipengaruhi oleh jaringan sosial. Pembeli yang menerima informasi tentang produk melalui Facebook membeli barang yang rata-rata nilainya mencapai $97,81, sedangkan yang menerima info dari Pinterest berbelanja sekitar $92,40.

Pembeli yang berbasis di kota New York menduduki posisi tertinggi dalam hal berbelanja online pada hari Cyber Monday. Kemudian disusul oleh pembeli yang tinggal di kota-kota lainnya, seperti Washington D.C., Los Angeles, Chicago dan Atlanta.

Cyber-Monday-IBM

(Image: bottom, IBM Digital Analytics Benchmark)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s