Ecovent: menciptakan alat cerdas untuk mengontrol suhu setiap kamar, yang dikendalikan melalui aplikasi mobile

Ecovent-logoSebagian besar rumah hanya memiliki satu system pengaturan suhu udara, sehingga sangat sulit untuk mengatur suhu setiap kamar. Padahal inovasi teknologi di dunia industri otomotif sudah menyediakan alat bagi pengemudi di kursi depan dan penumpang di kursi belakang mengatur suhu secara individu.

Ecovent merupakan perusahaan satu-satunya yang menyediakan alat pengatur suhu kamar yang dikendalikan lewat aplikasi mobile. Ecovent memperkenalkan alat canggih ini pada konferensi CES di kota Las Vegas awal bulan Januari 2015. Pada pameran elektronik terbesar di dunia ini, Ecovent memenangkan penghargaan produk terbaik. Sejak itu peminat berdatangan untuk memesan dan omzet penjualan sudah melampaui $1 juta dollar.

EcoventEcovent secara otomatis melakukan diagnosa terhadap suhu setiap kamar dan mengatur saluran udara ke setiap kamar supaya mencapai suhu yang dikehendaki oleh penghuni kamar. Hal ini memberikan kemudahan bagi pemilik rumah mengatur kenyamanan mereka di setiap kamar.

Keunggulan Ecovent termasuk menyediakan aplikasi mobile, sehingga penghuni rumah dapat mengontrol suhu yang diinginkan melalui ponsel dan tablet. Karena suhu dapat diubah setiap saat, maka penghuni rumah bisa menghemat biaya pendinginan maupun pemanasan ruang, sekaligus mengirit tenaga listrik.

Ecovent didirikan pada tahun 2012 dan berbasis di kota Boston. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $6,9 juta dollar yang dipimpin oleh Emerson Climate Technologies. Penyedia modal kerja lainnya termasuk Tamarisc dan Blue Fog Capital. Bersama pendanaan benih, maka total modal kerja yang sudah dikumpulkan mencapai sekitar $10 juta dollar.

(Images: top, Ecovent logo; middle left, Ecovent app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s