Portea Medical: layanan kesehatan bagi pasien di rumah, menggabungkan teknologi dengan dokter dan perawat

Akibat biaya perawatan kesehatan semakin tinggi di rumah sakit dan klinik, maka banyak pasien di negara berkembang cenderung memilih perawatan di rumah. Layanan kesehatan bagi pasien di rumah semakin maju dengan mengandalkan inovasi teknologi ponsel pintar, laptop, database, dan teknologi peralatan medis terkini.

Portea Medical menawarkan berbagai pilihan bagi pasien untuk menghubungi dokter, perawat, dan tenaga ahli perawatan, termasuk melalui aplikasi Android. Cara kerja Portea Medical, pasien memesan layanan lewat aplikasi ponsel pintar, seperti mendatangkan perawat ke rumah untuk mengambil contoh darah supaya memudahkan tes laboratorium. Demikian pula, pasien dapat menyewa berbagai alat perawatan kesehatan. Kemudian, tim ahli mengantar peralatan medis ke rumah dan sekaligus memasangnya.

Para ahli Portea Medical memastikan bahwa tempat tidur pasien di rumah memenuhi syarat dan standar rumah sakit. Hal ini dilakukan supaya pasien yang sedang mengalami masa kritis, mendapatkan perawatan dokter dan memudahkan pemasangan peralatan medis di rumah.

Portea Medical memiliki banyak keunggulan. Startup ini menyediakan daftar dokter, perawat, dan tenaga yang bersedia melakukan kunjungan ke rumah pasien. Portea Medical melakukan seleksi sangat ketat ketika memilih tim dokter dan perawat. Semua personil penting harus melewati ujian ilmu kedokteran yang dipimpin oleh dokter senior. Kemudian mereka juga harus lolos pemeriksaan latar belakang.

Portea Medical sudah menyediakan layanan di 24 kota di negara India, termasuk kota Bangalore, Chennai, Hyderabad, Kolkata, Mumbai, dan lainnya. Portea Medical mencatat bahwa tim dokter dan perawat melakukan 60 ribu kunjungan ke rumah pasien setiap bulan. Saat ini sudah mengembangkan pasar layanan ke negara Malaysia.

Portea Medical didirikan di kota Bangalore, India. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran kedua (Seri B) sejumlah $37,5 juta dollar yang dipimpin oleh investor terkemuka di Silicon Valley, Accel. Pendukung modal lainnya termasuk International Finance Corporation (World Bank Group), Qualcomm Ventures, dan Ventureast. Sebelumnya pada bulan Desember 2013 sudah menerima pendanaan putaran pertama (Seri A) sejumlah $9 juta dollar yang diberikan oleh kelompok investor yang sama.

Portea-medical(Image: bottom, Portea Medical homepage)

Advertisements

Trackbacks

  1. […] startup sudah mencoba menyediakan perawatan pasien on-demand dan jarak jauh, seperti Portea Medical, Pager, Doctor On Demand, dan lainnya. Sekarang, Circle Medical ingin mengikuti jejak startup yang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s