Apple memasuki industri otomotif dengan menciptakan mobil listrik canggih dan berencana meluncurkannya tahun 2019

Apple-Car-Play-control_touchSetelah menguasai pasar ponsel pintar, komputer tablet, laptop, jam tangan pintar, dan musik online, maka perusahaan gadget terbesar di dunia, Apple, akan memasuki bidang industri otomotif. Proyek mobil listrik ini sudah disinyalir oleh pengamat teknologi satu tahun terakhir ini.

Walaupun belum dikonfirmasikan oleh Apple, Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa CEO Tim Cook sudah merestui sebuah proyek besar di industri otomotif yang dikenal dengan nama sandi sebagai Titan. Dengan proyek berskala besar ini, maka Apple berencana meluncurkan mobil listrik canggih pada tahun 2019.

Untuk mempercepat terciptanya mobil listrik pertama, WSJ menulis bahwa tenaga kerja, tim ahli, dan insinyur permobilan akan di tambah tiga kali lipat dari sekitar 600 tenaga terampil yang sudah ada sekarang ini. Malah eksekutif dan para ahli hukum Apple sudah melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah di California, supaya mematuhi semua peraturan yang sudah ada.

Apple harus bergerak cepat karena tidak mau kalah bersaing dengan Google yang sudah berkecimpung di industri otomotif dengan melakukan uji-coba mobil nirawak di jalan raya pada musim panas tahun 2015 ini. Sebagai pencipta system operasi Android, Google ingin menyambung semua aktivitas pengguna melalui satu system, baik kendaraan, ponsel pintar, tablet, jam tangan, maupun komputer laptop.

Apple berambisi besar untuk memasuki industri otomotif, tapi banyak pengamat teknologi yang meragukan kemampuan perusahaan raksasa ini untuk meluncurkan kendaraan beroda empat pada tahun 2019. Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya dari markas Apple di Silicon Valley.

(Image: top right, Apple CarPlay)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s