Advertisements

Pangsa pasar ponsel pintar di Amerika, Maret 2014: Android 52,2%; iOS 41,4%; BlackBerry 2,7%; Windows Phone 3,3%

Pasar ponsel pintar di Amerika saat ini belum terjadi banyak perubahan drastis karena para pecantu gadget sedang menunggu peluncuran produk-produk baru dari Samsung dan Apple. Musim belanja terbesar sudah berlalu, ketika orang Amerika membeli barang-barang baru menjelang penutupan tahun 2013.

Menurut laporan terbaru dari perusahaan riset terkemuka comScore, jumlah pengguna ponsel pintar di Amerika sudah mencapai 166 juta orang pada bulan Maret 2014, atau penetrasi pasar ponsel pintar menembus 68,8 persen dari populasi. Data comScore selalu dipakai oleh para analis di Wall Street sebagai fondasi untuk mengetahui tren dalam industri ponsel pintar di Amerika.

Samsung memperkenalkan Galaxy S5 pada bulan Februari dan ponsel versi terbaru ini sudah mulai dikirim kepada pengguna di seluruh dunia. Bulan Juni depan Apple akan memperkenalkan berbagai produk baru dan memperbarui system operasi pada acara konferensi tahunan WWDC. Apple sudah pasti akan meluncurkan iPhone 6 pada bulan September. Banyak pengamat teknologi memperkirakan Apple akan meluncurkan ponsel dengan ukuran layar lebih besar.

Top-Smartphone-Platforms-March-2014

Sistem operasi yang diciptakan oleh raksasa mesin pencari Google, Android, masih menduduki peringkat pertama sebagai platform ponsel pintar terkemuka pada bulan Maret dengan mengambil pangsa pasar 52,2 persen, dibandingkan dengan pangsa pasar 51,5 persen pada bulan Desember 2013, atau terjadi kenaikan 0,7 persen.

Di posisi nomer dua tetap ditempati oleh Apple iOS dengan mengambil pangsa pasar sebesar 41,4 persen, dibandingkan dengan pangsa pasar 41,8 persen pada bulan Desember 2013, atau terjadi penurunan 0,4 persen. Persentase iOS yang tinggi pada bulan Desember tertolong dengan dua produk baru, yang dikenal dengan iPhone 5S dan 5C.

Microsoft Windows Phone mengambil alih posisi nomer tiga dengan pangsa pasar 3,3 persen pada bulan Maret, dibandingkan dengan pangsa pasar 3,1 persen pada bulan Desember 2013, atau terjadi kenaikan 0,2 persen. Perubahan tim eksekutif di dalam tubuh Microsoft pada bulan Februari dan akuisisi produsen ponsel Nokia pada bulan April, akan membantu perkembangan pasar Windows Phone untuk beberapa bulan ke depan.

BlackBerry merosot ke posisi nomer empat dengan pangsa pasar 2,7 persen , dibandingkan dengan pangsa pasar 3,4 persen pada bulan Desember 2013, atau terjadi penurunan 0,7 persen. Masa depan BlackBerry sangat tergantung dengan peluncuran produk baru yang harganya lebih murah dengan sasaran pasar di kawasan di Asia, termasuk Timur Tengah, Asia Selatan, dan Indonesia.

Karena Apple diperkirakan baru akan meluncurkan produk baru pada bulan September, maka platform Android tidak mungkin tergeser dalam waktu beberapa bulan ke depan. Kedudukan Android semakin kokoh, karena produsen ponsel pintar yang menggunakan system operasi Android, seperti Samsung dan HTC, sudah meluncurkan produk baru pada musim semi ini.

(Image: middle, Top Smartphone Platforms March 2014, by comScore)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s