Advertisements

CEO Amazon.com Jeff Bezos menyodorkan uang $5 ribu dolar untuk pekerja di gudang perusahaan yang ingin berhenti

Apakah anda ingin segera hengkang dan merasa tidak puas dengan perusahaan dimana anda sedang bekerja? Raja e-commerce Amazon.com menawarkan uang kontan untuk menyingkirkan karyawan yang benar-benar tidak ingin bekerja di perusahaan tsb. CEO dan pendiri Jeff Bezos mengambil ide dari perusahaan sepatu Zappos.com yang diakuisisi tahun 2009 lalu. Zappos.com menggunakan strategi membayar karyawan untuk berhenti bekerja sejak tahun 2008 lalu. Ide ini banyak dipuji oleh fakultas ilmu pendidikan bisnis di seluruh dunia.

Amazon-Logo--Di dalam sebuah surat kepada pemegang saham Amazon.com yang dipublikasikan bulan April 2014, CEO Bezos memberikan sedikit perincian cara kerja program yang dinamakan “Pay to Quit” (dibayar untuk berhenti bekerja). Program ini memberikan kesempatan kepada karyawan hanya sekali setahun. Penawaran untuk berhenti bagi karyawan yang baru bekerja satu tahun hanya $2.000. Semakin lama bekerja semakin besar uang kontan yang diterima, karena akan naik seribu dolar per tahun, hingga mencapai maksimal $5.000.

Bezos menulis bahwa tujuan program ini untuk mendorong karyawan meluangkan waktu untuk menimbang-nimbang tentang karier yang mereka inginkan. Bezos menambahkan bahwa tidak sehat bagi perusahaan apabila ada karyawan sudah bekerja untuk jangka panjang, tetapi tidak ingin bekerja lagi di perusahaan e-commerce tsb.

Penawaran Amazon.com untuk karyawan yang ingin berhenti bekerja hanya berlaku untuk pekerja di bagian gudang yang jumlahnya mencapai ribuan orang dan tersebar di beberapa kota besar di Amerika, seperti Los Angeles. Sayangnya, karyawan di departemen lainnya, seperti tenaga ahli komputer dan manager, yang ingin memutuskan hubungan kerja dengan Amazon.com, tidak akan menerima penawaran uang kontan.

(Image: middle left, Amazon.com logo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s