Advertisements

AppDirect menyediakan pasar aplikasi berbasis cloud dan platform untuk mengelola toko aplikasi bagi perusahaan besar

AppDirect-platform-diagramBisnis penjualan aplikasi untuk perangkat komputer dan seluler mengalami pertumbuhan sangat pesat dalam waktu dua sampai tiga tahun terakhir ini. Untuk perdagangan aplikasi, kita hanya mendengar toko aplikasi Apple App Store, Google Play, dan Amazon App Store. Sedangkan penjualan aplikasi juga banyak dilakukan oleh perusahaan besar dan menengah, yang mencakup sektor telekomunikasi, website hosting, penyelenggara kabel tv, toko peralatan kantor, dan lain sebagainya. Karena bertumbuh pesat, maka masih ada puluhan ribu perusahaan dan konsultan IT yang belum siap membangun infrastruktur sendiri, ataupun memiliki mekanisme untuk menyediakan sebuah toko yang aman untuk menawarkan aplikasi kepada pelanggan mereka.

AppDirect menyediakan semacam pasar dan platform untuk membangun dan mengelola toko aplikasi. AppDirect bertindak seolah-olah sebagai broker penjualan aplikasi, antara pemilik toko dan pencipta aplikasi. AppDirect bekerja sama dengan beberapa perusahaan raksasa teknologi yang sudah membangun aplikasi, seperti Box, Dropbox, dan Google. AppDirect juga menjalin kemitraan dengan pembuat aplikasi perorangan. Semua jaringan mitra sangat mudah diintegrasikan, sehingga memungkinkan pengguna melakukan login ke akun dan membayar iuran bulanan dibawah satu atap.

Kelebihan AppDirect terletak pada platform untuk mengelola toko aplikasi. Kini saatnya perusahaan besar dan menenggah tidak perlu repot-repot membangun toko aplikasi sendiri. Mereka bisa langsung memasang merek diatas platform yang sudah disediakan oleh AppDirect. Keistimewaan lainnya, toko aplikasi buatan AppDirect dapat terhubung dengan layanan dari situs utama, sehingga memudahkan pemilik toko untuk mengelola penagihan. Perusahaan-perusahaan besar yang sudah memakai platform ini termasuk Staples, Cloud Foundry, Swisscom, Rackspace, Samsung, Comcast, Deutsche Telekom, dan lain sebagainya.

AppDirect didirikan pada tahun 2009 dan berbasis di San Francisco, dengan cabang di London, Munich, dan Montreal. Minggu ini mengumumkan penerimaan pendanaan putaran ketiga (Seri C) yang dipimpin oleh Mithril Capital Management. Perusahaan investasi ini milik Peter Thiel, yang terkenal sebagai penyedia modal di Silicon Valley untuk perusahaan teknologi yang memiliki asset bermiliar-miliar dollar, seperti Facebook, PayPal, dan Palantir. Pendukung modal sebelumnya juga ikut berpartisipasi pada putaran pendanaan ini, termasuk iNovia Capital dan Foundry Group. Sejak didirikan, AppDirect sudah mengumpulkan modal kerja sekitar $56 juta dollar.

AppDirect-examples

(Images: top right, AppDirect platform; bottom, examples of AppDirect Marketplace, including Staples, Cloud Foundry, Swisscom)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s