Advertisements

Microsoft segera meluncurkan aplikasi asisten pribadi bersuara “Cortana” untuk cross-platform, Windows, iOS, Android

Ketika Apple meluncurkan Siri, inovasi alat asisten pribadi bersuara, untuk ponsel pintar iPhone 4S pada tanggal 14 Oktober 2011, sebenarnya Microsoft sudah memiliki teknologi yang sama setelah mengakuisisi perusahaan Tellme pada tahun 2007. Sayangnya inovasi teknologi ini hanya dikembangkan untuk perangkat yang dijalankan dengan system operasi Windows. Lagi pula setelah akuisisi, sebagian besar tenaga ahli Tellme sudah hengkang dari raksasa perangkat lunak ini.

Selanjutnya awal bulan April 2014 pada konferensi BUILD yang diselenggarakan di kota San Francisco, Microsoft memperkenalkan aplikasi asisten pribadi bersuara yang diberi nama Cortana, untuk perangkat ponsel pintar dan tablet yang dijalankan dengan Windows Phone. Nama Cortana diambil dari nama karakter permainan video game Xbox terkemuka “Halo.”

cortana-home-callout-MicrosoftAplikasi Cortana diluncurkan secara resmi dalam bentuk beta untuk perangkat ponsel pintar yang dijalankan dengan Windows Phone 8.1 pada kuartal ke-empat tahun 2014. Cortana tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Tionghua, Perancis, Italia, dan Jerman. Microsoft terus mengembangkan Cortana untuk system operasi terbaru Windows 10, yang mana akan dipasang di desktop, laptop, tablet, dan jam tangan.

Menjelang akhir minggu ini kantor berita terbesar di dunia Reuters melaporkan bahwa Microsoft sudah mengembangkan aplikasi Cortana untuk cross-platform. Kalau aplikasi Siri hanya untuk perangkat Apple dan Google Now hanya untuk perangkat Android, maka aplikasi Cortana dapat dijalankan dengan platform Windows, iOS, dan Android.

Aplikasi Cortana untuk cross-platform merupakan bagian penting dari strategi ambisius yang dicanangkan oleh CEO Satya Nadella. Eksekutif tertinggi di Microsoft dan baru menjabat CEO satu tahun yang lalu, terus melakukan manuver menjalin kemitraan dengan pembuat platform lain termasuk Open Source. Malah bulan Januari 2015, pendiri Bill Gates juga mengungkapkan bahwa billionaire ini sedang bekerja dengan sebuah tim ahli untuk mengembangkan aplikasi asisten pribadi bersuara. Tapi sampai hari ini belum ada pernyataan resmi dari Microsoft mengenai kelanjutan aplikasi Cortana untuk platform lainnya.

(Image: middle left, Cortana app)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s