Pengiriman komputer pribadi (laptop, desktop) diperkirakan akan merosot 5 persen pada tahun 2015 di seluruh dunia

Perusahaan riset terkemuka International Data Corporation (IDC) menyatakan bahwa pengiriman komputer pribadi akan turun 4,9 persen pada tahun 2015, dibandingkan pengiriman satu tahun yang lalu. Walaupun inovasi teknologi laptop dan desktop terus berkembang pesat, akan tetapi perubahan ekonomi dan pergeseran pengguna ke ponsel pintar menyebabkan minat konsumen membeli komputer pribadi semakin berkurang.

IDC memperkirakan pabrik komputer seperti Dell, HP, Lenovo, Acer, hanya akan mengirimkan sekitar 293,1 juta unit komputer pribadi selama tahun 2015 ini. IDC memperkirakan penjualan komputer pribadi akan terus merosot dari tahun-ke-tahun, dimana diproyeksikan akan mencapai 291,4 juta unit pada tahun 2019.

Komputer baru lebih canggih tapi juga lebih murah dari tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan pendapatan dari pasar komputer pribadi hanya mencapai sekitar $201 miliar dollar pada 2014. Ini terjadi penurunan sekitar 0.8% dari tahun 2013. Sedangkan pada tahun 2015 diperkirakan nilai pasar komputer pribadi akan merosot sekitar 6,9% dari tahun 2014. IDC menyatakan pasar komputer pribadi hanya mencapai sekitar $175 miliar dollar pada tahun 2019.

Perdagangan komputer pribadi di seluruh dunia masih belum stabil. Hal ini menyebabkan Intel melakukan pemotongan sasaran pasar untuk kuartal pertama tahun 2015 ini. Penjualan komputer pribadi baru akan stabil kembali ketika raksasa perangkat lunak Microsoft akan meluncurkan system operasi Windows versi 10 pada akhir bulan September tahun ini. Di samping itu, perusahaan pembuat microprocessor Intel juga akan memperkenalkan chip yang lebih cepat tapi lebih hemat energi tenaga baterai. Pengguna laptop generasi baru memiliki baterai yang bisa tahan lama, tanpa harus dicolokkan ke stop-kontak.

PC-computer-Dell

(Image: bottom, laptops and desktops by Dell)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s