Advertisements

TAG@HOME: Hawaiian Airlines menawarkan penumpang pesawat kenyamanan mencetak tag koper dari rumah lewat web check-in

Hawaiian-Airlines-Logo-Dengan kemajuan inovasi teknologi, penumpang pesawat sudah lama diperbolehkan melakukan check-in lewat situs web dan ponsel pintar, tetapi sekarang Hawaiian Airlines membuat penumpang lebih nyaman mencetak tag bagasi untuk koper dan tas dari rumah. Layanan baru yang dikenal dengan TAG@HOME memiliki keistimewaan membuat setiap penumpang mengurangi waktu tunggu di trotoar atau di lobi bandara. Layanan ini memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada penumpang karena mereka cukup menunjukkan boarding pass dan kartu ID ketika akan masuk ke dalam pasawat terbang.

tag-at-home-print-Hawaiian-Airlines-Maskapai penerbangan dalam negeri Hawaiian Airlines melayani sebagian besar rute penerbangan pulang-pergi dari pantai barat Amerika menuju kepulauan wisata Hawaii. Kota-kota besar di pantai barat termasuk Los Angeles, Oakland, dan Seattle. Selama uji coba 60-hari sejak awal bulan Agustus ini, Hawaiian Airlines hanya memperbolehkan penumpang mencetak tag sendiri di dua kota, Oakland dan Seattle.

Cara kerja TAG@HOME sangat mudah. Ketika penumpang melakukan check-in lewat situs web, penumpang diberi opsi untuk mencetak tag bagasi dari rumah. Penumpang segera menekan tombol mencetak tag bagasi di rumah dan kemudian membawa tag tsb. ke bandara. Setelah tiba di bandara, mereka boleh mengambil pembungkus plastik tag untuk menahan cetakan tag dan supaya tidak rusak selama perjalanan. Kemudian, penumpang memasang tag ke koper masing-masing. Di bandara juga tersedia tempat menaruh koper yang sudah diberi tag. Selanjutnya koper secara otomatis dibawa mesin melewati pemeriksaan keamanan.

tag-at-home-Hawaiian-AirlinesSelama uji-coba, perusahaan Hawaiian Airlines akan mempelajari data untuk melihat keuntungan dan kerugian dari mencetak tag sendiri. Apabila data mendukung, maka layanan ini akan dikembangkan ke seluruh jaringan maskapai penerbangan ini. Demikian pula, sudah pasti maskapai lainnya akan meniru cara kerja Hawaiian Airlines.

Kemajuan teknologi mencetak tag sendiri di rumah akan memicu kekhawatiran bagi pekerja porter dan karyawan bandara. Penggunaan jasa pekerja porter akan berkurang karena penumpang dapat menaruh koper sendiri di ruang yang bergerak otomatis menuju bagian pemeriksaan keamanan. Maskapai penerbangan juga bisa sewaktu-waktu melakukan pemotongan jumlah anggota staf di counter yang selama ini bertugas memasang tag bagasi untuk penumpang.

(Images: top right, Hawaiian Airlines logo; middle left, a printed TAG@HOME; bottom right, a suitcase with a TAG@HOME).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s