Advertisements

Indochino: menawarkan jasa menjahit busana pria (jas, kemeja, celana, pakaian luar) yang sesuai dengan ukuran pemakai

Membeli busana berkualitas tinggi dan modis yang dijahit khusus sesuai dengan ukuran pemakai biasanya hanya disediakan untuk orang yang berkocek tebal dan selebriti. Sedangkan bagi orang awam, mereka seringkali menghabiskan waktu yang cukup lama ke department store lokal untuk menemukan sesuatu yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kantong masing-masing, yang mana akhirnya pembeli harus puas dengan garmen yang dipajang di toko, tetapi masih harus membayar ongkos ekstra untuk permak supaya dijahit ulang sesuai dengan ukuran pemakai. Tapi pria jaman sekarang yang terbiasa dengan kemudahan berbelanja online dan menginginkan sesuatu yang lebih pribadi, bisa memesan busana online termasuk jas, kemeja, celana atau pakaian luar. Ini khusus busana yang sesuai dengan ukuran pemakai, dapat diukur sendiri atau oleh teman, bebas memilih jenis kain, dipotong dengan ukuran yang tepat, dijahit oleh penjahit di Shanghai (China), dan kemudian dikirim ke depan rumah dalam waktu sekitar dua sampai lima minggu lamanya. Nah itulah kira-kira janji dari perusahaan startup Indochino yang berbasis di salah satu kota terindah di dunia, Vancouver, yang terletak di negara Kanada bagian barat.

Indochino-suits-collection-screenshot

Indochino memiliki cara kerja yang sangat sederhana dengan memanfaatkan inovasi teknologi yang diterapkan ke dunia jahit-menjahit. Dengan kemajuan teknologi, maka ini dapat membantu cara kerja startup ini supaya lebih efisien, sambil mempersembahkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau oleh orang awam. Dengan mendulang data dari pelanggan, perusahaan ini menganalisis data pengukuran yang selama ini dikumpulkan di database, sehingga dengan mudah menemukan akurasi yang tepat bagi pelanggan.

Proses pengukuran dapat dilakukan oleh pelanggan sendiri secara cepat dan berlangsung sekitar 10 menit di depan komputer. Hal ini dapat dilakukan dari komputer kantor atau dari rumah tanpa membutuhkan penjahit yang mengukurnya. Untuk membantu pelanggan, disediakan tutorial yang menjelaskan proses pengukuran seperti cara mengukur lingkaran leher dan mengukur panjang lengan pemakai. Bahkan supaya pelanggan tidak kecewa, Indochino memberikan jaminan 100 persen kalau pelanggan pasti cocok. Bagi yang tidak puas, akan diberikan kupon sejumlah $75, yang mana pelanggan bisa membawa pakaian mereka ke tukang jahit setempat untuk menyesuaikan dan memperbaiki ukuran supaya cocok.

Indo-Chino-how-we-do-itSejak didirikan pada tahun 2007 oleh Kyle Vucko (CEO) dan Heikal Gani (perancang dan kreatif), perusahaan startup ini bekerja secara langsung dengan pemasok di Shanghai sehingga memotong biaya tengkulak. Kedua pendiri perusahaan ini bertemu pada saat kuliah di University of Victoria. Heikal Gani yang berasal dari Singapura berbasis di kota Shanghai sehingga lebih mudah menjalankan operasi perusahaan dari benua lain. Sedangkan Kyle Vucko berbasis di kota Vancouver, disini dia menjalin kemitraan dengan perusahaan lain, menarik modal dari pemodal ventura, dan membantu pemasaran.

Hari ini Indochino sudah menjangkau ribuan pelanggan dari 60 negara di seluruh dunia dan memperkerjakan 55 karyawan. Walaupun belum diumumkan secara resmi, penghasilan perusahaan ini sudah melampaui jutaan dollar per tahun, sehingga beberapa investor tertarik untuk menanam modal. Minggu ini Indochino mengumumkan bahwa startup ini baru menerima pendanaan ventura putaran kedua (Seri B) sejumlah $13 juta dollar. Pendukung dana pada putaran kedua termasuk Highland Consumer Fund dan juga didukung oleh pemodal putaran pertama Madrona Venture Group dan Acton Capital Partners. Highland Consumer Fund dipimpin oleh Tom Stemberg, seorang mantan CEO dan pendiri toko alat-alat tulis terkemuka Staples. Madrona Venture Group yang berbasis di kota Seattle menunjang dana putaran pertama sejumlah $4 juta dollar pada bulan Maret 2011 lalu.

Indochino-Traveling-TailorBertepatan dengan pendanaan putaran kedua, dana sebanyak itu akan dipakai untuk pengembangan usaha, mengangkat eksekutif dan manager, dan membuka toko sementara yang dikenal sebagai “Traveling Tailor.” Kios pertama akan dibuka di jantung kota Boston mulai minggu ini sampai pertengahan bulan April untuk menyediakan layanan bagi pelanggan yang ingin diukur secara cermat oleh penjahit dan penata spesialis dari Indochino. Untuk meraup pasar lebih besar, kios semacam ini akan dipindahkan ke kota-kota besar lainnya di seluruh Amerika.

(Images: top middle, Indochino suits collection screenshot; middle right, Indochino “how we do it”; bottom left, Traveling Tailor)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s