Advertisements

PetHub: memastikan hewan peliharaan (anjing, kucing) tidak pernah hilang lagi dengan memanfaatkan teknologi pelacakan

pethub-logoSekelompok pecinta hewan peliharaan dan juga ahli komputer programming di kota Seattle berhasil menciptakan solusi yang melindungi hewan peliharaan (anjing, kucing) yang dinamakan PetHub. Alat pelacakan dalam bentuk gantungan dengan QR code yang berisi microchip sangat mudah dipasang pada leher hewan peliharaan. Kegunaan gantungan ini supaya hewan peliharaan tidak gampang hilang dan mudah ditemukan dengan teknologi pelacakan yang menggunakan GPS pemetaan.

Setelah membeli gantungan dengan QR code yang harganya sekitar $16, setiap hewan peliharaan akan didaftarkan online dan diberikan profil atau riwayat singkat, yang kemudian data disimpan di database PetHub. Ketika seseorang ingin mengetahui pemilik hewan peliharaan, mereka tinggal melakukan scan ke gantungan di leher hewan dengan ponsel pintar mereka. Setelah itu, profil hewan peliharaan segera tampil di layar ponsel yang memberikan informasi tentang pemilik, nomor telepon, info tentang kesehatan dan dokter hewan. Apabila hewan peliharaan hilang, maka pemilik melapor ke PetHub yang akan segera mengirimkan peringatan secara nasional yang mirip dengan sistem melacak anak hilang.

pethub-QR-tagsUntuk kelangsungan bisnis ini, PetHub menyediakan tiga opsi dan memungut iuran proteksi terhadap hewan peliharaan. Opsi pertama gratis untuk mendaftarkan hewan peliharaan dengan menampilkan profil hewan secara online. Opsi kedua yang paling populer dikenal dengan nama paket “Silver” akan memungut iuran $39 per tahun yang mencakup biaya pengiriman peringatan secara nasional apabila hewan peliharaan hilang dan dilengkapi email pelacakan yang menggunakan GPS pemetaan. Sedangkan opsi “Gold” seharga $49, mencakup biaya asuransi selama pencarian hewan peliharaan yang jumlahnya mencapai $3.000 dollar.

Sejak bulan November 2012, tim kerja PetHub mengikuti perlombaan perusahaan startup yang menjanjikan, yang diselenggarakan oleh Zino Marketplace Investment Forum. Ada 19 pengusaha yang berlokasi di pantai barat dan berstatus tahap awal yang ikut serta dalam perlombaan ini. Setelah melewati seleksi final pada bulan Desember 2012, minggu ini PetHub mengumumkan bahwa perusahaan ini dinobatkan sebagai juara dan memenangkan hadiah uang tunai sejumlah $50.000 dollar.

Dengan menimbang sepertiga dari hewan peliharaan akan hilang dalam riwayat hidup mereka, perusahaan startup PetHub mempunyai potensi bisnis jangka panjang. Para investor di kota Seattle juga bersedia menanam modal di usaha startup ini. Sejak memenangkan juara pertama di jaringan investasi Zino, PetHub berhasil mengantongi lebih dari $375.000 dollar pada putaran pertama pendanaan.

(Images: top right, PetHub logo; middle left, sample of QR code tags; bottom, click here to watch a video demo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s